"Kami yang menyampaikan kesana bahwa kondisinya sedang berduka. Jangan cari pihak mana yang membatalkan, bahwa keadaannya sedang berduka dan sudah terjadi..."
Palangka Raya (ANTARA) - Rencana kunjungan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang semula dijadwalkan  11-13 Maret 2020 dibatalkan.

"Rencana kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Kalteng dibatalkan karena kita sedang berduka dengan meninggalnya para abdi negara," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa sore.

Ia menjelaskan, tadi pagi pihaknya sudah menyampaikan semuanya kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya yang ditugaskan Presiden RI Joko Widodo untuk mendampingi Raja dan Ratu Belanda saat nantinya berkunjung ke Kalteng.
Baca juga: Pengamanan rencana kunjungan Raja Belanda ke Kalteng dimantapkan

Kemudian pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait kondisi daerah terkini, hingga akhirnya rencana kunjungan tersebut dibatalkan dengan kondisi daerah sedang berduka.

Pihak Belanda juga telah menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi.

"Kami yang menyampaikan kesana bahwa kondisinya sedang berduka. Jangan cari pihak mana yang membatalkan, bahwa keadaannya sedang berduka dan sudah terjadi. Bersama-sama kita doakan yang sudah meninggal diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan agar bersabar," tegas Sugianto.

Sebelumnya pihaknya bersama TNI, Polri dan instansi terkait lainnya sudah melaksanakan rapat koordinasi wilayah pengamanan VVIP kunjungan Raja dan Ratu Belanda, bahkan sudah siap menerima kedatangan mereka.

"Mengenai rencana penjadwalan ulang, mudah-mudahan mereka bisa menjadwalkan ulang untuk berkunjung ke Kalteng," katanya.
Baca juga: KLHK berduka, enam stafnya meninggal kecelakaan di TN Sebangau

Diketahui bersama pada Senin (9/3) kemarin terjadi kecelakaan air yaitu tabrakan speedboat yang ditumpangi sejumlah abdi negara yang bertugas memantau lokasi yang direncanakan dikunjungi Raja dan Ratu Belanda di kawasan Taman Nasional Sebangau.

Meski pada akhirnya sebanyak 27 korban kecelakaan semuanya berhasil ditemukan dan dievakuasi, namun pada akhirnya menyisakan duka mendalam karena sebanyak 7 orang diantaranya meninggal dunia.

Saat ini Menteri LHK Siti Nurbaya beserta jajaran didampingi Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mendatangi rumah duka terkait kejadian itu di sejumlah daerah, diantaranya Palangka Raya, Kapuas hingga Katingan.
Baca juga: Jenazah Dandim Kuala Kapuas dimakamkan di Jateng
Baca juga: Tabrakan, Anggota Paspampres Patah Kaki

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020