Bupati Bogor gelar aksi bersihkan situ demi pengendalian banjir

Bupati Bogor gelar aksi bersihkan situ demi pengendalian banjir

Bupati Bogor, Ade Yasin bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih Situ Tamansari Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (6/3/2020). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Tamansari, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin menggelar aksi bersih-bersih Situ Tamansari Kabupaten Bogor Jawa Barat, sebagai langkah pengendalian banjir dari hulu sungai.

"Ini adalah hulu Sungai Ciapus. Jadi kita pelihara, dari situ ke kali seperti apa, lancara apa tidak, insyaallah kita akan benahi satu persatu," ujarnya usai memimpin kegiatan bertajuk 'Bebersih Setu Aksi Cegah Banjir' itu, Jumat (6/3).

Menurutnya, membersihkan situ merupakan bagian dari ikhtiar pengendalian banjir, selain membuat sejumlah waduk di Kabupaten Bogor.

"Setu ini juga sebagai pengendali banjir. Kalau setu terawat alirannya baik insyaallah kita dapat lebih mudah dalam pengendalian banjir. Tidak hanya banjir di Bogor, tapi banjir yang mengarah ke Jakarta pun bisa diminimalisir," terangnya.

Ade Yasin mengatakan, butuh peran masyarakat untuk menjaga hulu sungai tetap bersih dari sampah. Ia melalui Pemerintah Desa Tamansari akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengelola situ tersebut sebagai tempat wisata.

"Ketika dikelola Bumdes akan menambah perekonomian desa. Akan juga banyak kegiatan-kegiatan yang menambah nilai desa tersebut," kata poltikus PPP itu.

Salain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) untuk membuat embung air untuk meminimalisir turunnya air ke wilayah hilir.

Baca juga: Bupati dukung Kapolres Bogor tindak pejabat korupsi

Baca juga: Bappenas beri sinyal positif soal pembangunan Jalur Puncak Dua

Baca juga: Ade Yasin dapat pujian DPR, satu-satunya kepala daerah di rapat banjir


"Di samping setu, kita juga harapkan masyarakat buat embung air, supaya air tidak terlalu banyak turun ke bawah," sebut Ade Yasin.(KR-MFS).
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020