Parigi Moutong jalin kerja sama pendidikan dengan Kampus AeU Malaysia

Parigi Moutong jalin kerja sama pendidikan dengan Kampus AeU Malaysia

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu (kanan) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak perguruan tinggi Asia e University Malaysia, di Parigi, Rabu (22/1/2020). ANTARA/HO-Humas Pemkab Parigi Moutong

Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama dengan kampus Asia e University Malaysia di bidang pengembangan pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Bupati Parigi Motong Samsurizal Tombolotutu bersama Rektor Asia e University Malaysia Prof Emeritus Dato Dr Hasan Said di Parigi, Rabu.

Pejabat Kemendagri Owi Jamsay yang menyaksikan acara itu mengatakan MoU bertujuan untuk membangun kerja sama antara Pemkab Parigi Moutong dengan Kampus Asia e University Malaysia dan pertama kali dilakukan oleh pihak kampus dengan daerah pilihan mereka.

"Kerja sama itu terdiri tiga aspek yakni pengirim wara Parigi Moutong belajar di kampus itu, selanjutnya pengembangan profesionalisme aparatur maupun non-aparatur dan pengembangan SDM," ungkap Owi.

Dia memaparkan, kegiatan yang dilakukan tidak hanya sebatas pendidikan formal semata. Kerja sama tersebut akan menjadi bahan laporan kepada pemerintah pusat sebagai tindak lanjut pembahasan bagaimana memulai kerja sama bilateral antara kampus dengan pemerintah daerah.

"Kerja sama ini penting dan kita manfaatkan dalam berbagai hal terutama di bidang riset pengembangan SDM," kata dia menambahkan.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu menjelaskan hubungan yang dibangun antara keduanya akan berujung sebagai pemicu rencana pembangunan perguruan tinggi di kabupaten ini.

"Kami berharap langkah ini dapat membatu anak-anak daerah mengenyam pendidikan Strata 1 maupun Strata 2 hingga jenjang berikutnya," kata Samsurizal.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman, rombongan kampus Asia e University bersama pejabat pemerintah setempat meninjau sejumlah perkantoran pemerintah setempat, termasuk rumah Raja Tombolotutu di Kecamatan Tinombo dan lokasi pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) direncanakan berlangsung pada Oktober 2020 di Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan.
 
Pewarta : Muhammad Hajiji/Moh Ridwan
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020