Makassar (ANTARA) - United States Agency for International Development (USAID) atau Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat berkomitmen terus melanjutkan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

"Sulawesi Selatan merupakan bagian penting dari kemitraan strategis kami. Pemerintah Amerika Serikat berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan," ungkap Direktur USAID dan USAID Principal Officer untuk ASEAN Ryan Washburn di Makassar, Selasa.

Selama lima tahun terakhir, USAID telah bekerja dengan Provinsi Sulawesi Selatan untuk memperkuat perencanaan, pembiayaan dan pelaksanaan solusi pembangunan yang meningkatkan pengelolaan sumber daya kelautan, memperkuat perawatan kesehatan ibu dan anak, menghentikan penyebaran penyakit infeksi dan meningkatkan akses energi, layanan air bersih, dan sanitasi.

"Di Sulawesi Selatan, kami akan mengunjungi beberapa lokasi kerja dan melihat langsung keberhasilan yang telah kita raih bersama," ujarnya.

Menurut Ryan, tujuan lain dari kunjungannya ialah untuk berkonsultasi dengan para mitra termasuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk memastikan bahwa kegiatan USAID selaras dengan prioritas pembangunan Indonesia.

Kunjugan USAID di Kantor Gubernur Sulsel diterima Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Kepala Bappeda Sulsel Prof Rudy Djamaluddin.

"Kami juga membawa Kepala Bappeda. Juga sempat menjelaskan energi terbarukan, masalah sanitasi dan sebagainya. Tentu kita meminta segala yang bermanfaat untuk masyarakat kita," tandasnya.

Pemprov Sulsel berharap USAID bisa terus bekerja sama dengan Pemrov Sulsel dalam bentuk program jangka pendek maupun jangka panjang sehingga terjalin komunikasi, apa yang bisa USAID intervensi dan Pemprov intervensi," jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Diharapkan kontribusi dari USAID bisa membantu masyarakat Sulawesi Selatan untuk hidup lebih baik, giat dalam masalah lingkungan, termasuk industri dan pertanian di Sulsel bisa lebih baik.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020