PMI dan BSM Turki salurkan alat tangkap ikan untuk korban tsunami Palu

PMI dan BSM Turki salurkan alat tangkap ikan untuk korban tsunami Palu

Perwakilan BSM Turki didampingi Ketua PMI Kota Palu Syamsul Saifudin menyerahkan bantuan berupa alat tangkap ikan kepada salah seorang penerima manfaat yang merupakan warga terdampak bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulteng. ANTARA/ HO/PMI Kota Palu

Palu, Sulteng (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah (BSM) Turki menyalurkan bantuan berbasis mata pencaharian berupa alat tangkap ikan untuk nelayan bagi warga korban terdampak bencana tsunami di Kelurahan Tondo, Kota Palu.

"Penyaluran bantuan merupakan salah satu program PMI Kota Palu dalam upaya pemulihan ekonomi warga pascabencana gempa bumi, tsunami maupun likuifaksi salah satunya di Kecamatan Mantikolore," kata Ketua PMI Kota Palu Syamsul Saifudin melalui sambungan telepon, Kamis.

Adapun bantuan yang diberikan kepada warga berupa delaoan unit perahu beserta mesin, 16 buah jaring ikan, empat genset serta delapan box ikan yang semua itu merupakan bantuan dari BSM Turki dan PMI Kota Palu membantu memfasilitasi melalui data yang di lapangan.
Baca juga: PMI manfaatkan radio salurkan aspirasi korban bencana Sulteng
Baca juga: PMI latih petugas tanggap bencana dari 10 negara ASEAN


Lebih lanjut, dengan adanya bantuan ini warga terdampak bencana khususnya nelayan yang perahunya rusak akibat diterjang tsunami bisa bangkit dari keterpurukan dengan kembali melaut untuk mencari ikan guna memulihkan perekonomiannya.

Delegasi BSM Turki Ainun menambahkan program bantuan berupa mata pencarian merupakan program dari BSM Turki dan dalam pendistribusian mereka selalu berkoordinasi dengan PMI yang merupakan rekanan (counterpart).

"Bantuan yang kami distribusikan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan dalam pendataannya berkoordinasi dengan PMI setempat karena mereka yang memiliki data penerima manfaat, sehingga tidak perlu lagi untuk mencari data," tambahnya.
Baca juga: PMI bantu pembangunan huntara untuk 10 ribu kk
Baca juga: PMI Palu distribusikan ratusan paket bantuan untuk korban likuifaksi

 
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 1970