Banjir surut, Wali Kota Jakbar pimpin gerebek sampah dan lumpur

Banjir surut, Wali Kota Jakbar pimpin gerebek sampah dan lumpur

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi memimpin kerja bakti warga pascabanjir di Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (5/1/2020). (ANTARA/DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi memimpin kerja bakti untuk gerebek sampah dan lumpur di kawasan Kebon Jeruk pada Minggu.

Gerebek sampah dan lumpur melibatkan 810 personel dari jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat bersama jajaran Polres Metro Jakarta Barat, Kodim 05/03, PMI dan Pramuka.

"Hari ini kita melaksanakan pembersihan kompak se-DKI Jakarta. Wilayah kita yang sangat parah banjirnya dibanding wilayah yang lain," ujar Rustam saat memimpin apel pasukan di Jalan Panjang Kebon Jeruk Jakarta, Minggu.

Kerja bakti itu membersihkan sampah dan lumpur di kawasan pemukiman warga yang terdampak banjir dj sepanjang Jalan Pesing Garden Kedoya Utara, dekat bantaran anak Kali Mookevart.

Baca juga: Diguyur hujan, Anies kerja bakti di Kampung Makasar
Baca juga: Banjir surut, Wali Kota Jaksel pimpin kerja bakti di Tanjung Barat
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Kav. Valian Wicaksono memantau bantaran kali yang belum dinormalisasi di Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (5/1/2020). (ANTARA/DEVI NINDY)

Sambil memetakan sumber banjir di kawasan tersebut, mereka menemukan bantaran anak Kali Mookevart yang belum dinormalisasi.

Selain itu, Rustam didampingi Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Kav. Valian Wicaksono memberikan bantuan sembako untuk dapur umum warga.

Sampah warga yang terkumpul sebagian besar adalah kasur basah, sampah plastik, bungkus makanan dan perabotan. Keseluruhan sampah itu diangkut dari dalam gang permukiman menuju truk yang terparkir di Jalan Panjang.

Rombongan kemudian meninjau operasional Rumah Pompa Kedoya Utara. Sebelumnya, pompa tersebut sempat tidak aktif akibat terendam banjir.

Baca juga: Usai terendam banjir, SDN Pasar Baru siap sambut semester baru

Kerja bakti pascabanjir di Jakarta Barat dilakukan serentak di enam kecamatan, yakni Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Kalideres, Palmerah, Kembangan dan Cengkareng.

Di Kecamatan Kebon Jeruk dilakukan di Jalan Panjang RW 3,4,7,8, Kecamatan Grogol Petamburan di RW 5 Wijaya Kusuma, RW 6,9 Jelambar Baru, di Kecamatan Kalideres terdapat di RW 1 Semanan.

Kemudian untuk Kecamatan Kembangan, lokasi kerja bakti di RW 10,4 Kembangan Baru, RW 7,6 Taman Kota, Kecamatan Cengkareng di RW 1,2,3 Rawa Buaya dan Palmerah di RW 2,3,5 Kemanggisan.
 
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020