Grab penuhi kebutuhan penyandang disabilitas dengan GrabforGood

Grab penuhi kebutuhan penyandang disabilitas dengan GrabforGood

Ivan (kedua kiri), salah satu mitra pengemudi penyandang disabilitas, berbicara saat Media Briefing Grab dalam rangka memeringati Hari Disabilitas di The Westin Jakarta, Selasa (3/12/2019). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi Grab Indonesia mengakomodasi kebutuhan para penyandang disabilitas dengan berbagai fitur layanan yang dibuat dalam program GrabforGood.

"Jadi komitmen kami untuk GrabforGood adalah bahwa Grab selalu ingin memberdayakan setiap orang tanpa terkecuali. Karena kita semua inklusif," kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam acara Media Briefing untuk memeringati Hari Disabilitas di The Westin Jakarta, Selasa.

Neneng mengatakan saat ini Grab Indonesia telah memiliki beberapa program layanan untuk mengakomodasi kebutuhan bagi para penyandang disabilitas.

Program pertama yang diperkenalkan Grab bagi penyandang disabilitas adalah program Mendobrak sunyi.

Baca juga: Peringati Hari Disabilitas, Grab perkenalkan program "Mendobrak Sunyi"
Baca juga: Tamasia-Grab tawarkan emas digital mulai Rp10.000


"Mendobrak sunyi" merupakan program yang memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk mendapatkan penghasilan dengan bekerja sebagai mitra pengemudi.

Dalam program itu, saat penumpang mendapatkan pengemudi yang merupakan penyandang disabilitas, penumpang tersebut akan mendapatkan notifikasi dari Grab yang memberitahukan bahwa pengemudi adalah penyandang disabilitas.

Penumpang dan pengemudi dapat menggunakan aplikasi live chat untuk memudahkan komunikasi. Penumpang juga bisa menggunakan buku petunjuk yang tersedia untuk lebih memudahkan komunikasi dengan pengemudi yang merupakan penyandang disabilitas.

Berikutnya, selain memberikan peluang bekerja bagi penyandang disabilitas, Grab Indonesia juga memberi layanan kemudahan bagi wirausahawan penyandang disabilitas dengan Grab Kios.

Baca juga: Menkominfo minta aplikator perketat verifikasi mitra ojek daring
Baca juga: Dishub DKI-Grab optimalkan jalur sepeda


Melalui Grab Kios, wirausahawan penyandang disabilitas dapat memesan barang-barang dalam jumlah besar tanpa harus meninggalkan tokonya.

Selain itu, Grab juga menyediakan memberikan pelatihan yang diperlukan mitra pengemudi untuk dapat melayani para penyandang disabilitas dengan baik.

Grab, kata Neneng, menyediakan semua layanan kemudahan itu karena ingin memberikan kesempatan yang sama kepada para penyandang disabilitas.

"Karena setiap orang mempunyai kesempatan yang sama," katanya.

Baca juga: Grab akan berikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan skuter
Baca juga: Kolaborasi Grab Indonesia-ACT bantu ribuan penyintas gempa Maluku
Pewarta : Katriana
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019