"Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan," kata Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan bahwa Polri tidak memperbolehkan adanya aksi massa atau pun perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

"Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan," kata Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.
Baca juga: Sekda Papua ajak masyarakat jaga kamtibmas dan tidak terpengaruh isu

Tidak diberikannya izin tersebut merupakan langkah dari Polri untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.

Menurut dia, situasi di Papua jelang 1 Desember, secara umum damai dan kondusif.

"Di Papua, secara umum situasi damai dan kondusif. TNI dan Polri bersama-sama terus mengantisipasi hal-hal yang berkembang," kata Asep lagi.
Baca juga: Polda Papua kerahkan 1.300 personil jelang HUT OPM

Selain terus memantau keamanan di lapangan, Polri juga melakukan patroli siber. "Kami monitor berdasarkan patroli siber memang ada ajakan-ajakan, tetapi sekali lagi polisi memberikan imbauan-imbauan, apabila dilaksanakan, tentunya harus menghormati dari berbagai nilai," katanya.

Asep menambahkan belum ada penambahan kekuatan pengamanan di Papua hingga saat ini.

"Normal saja, kekuatan yang ada di sana diberdayakan," katanya pula.
Baca juga: HUT OPM 1 Desember, Polda Papua waspadai keamanan di empat kota

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019