Dolar akhirnya hari ini bereaksi terhadap angka-angka itu dan mengatakan laju ekonomi Amerika Serikat tidak terlalu bagus
New York (ANTARA) - Kurs dolar AS melemah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena beberapa optimisme pembicaraan perdagangan yang sedang berlangsung dengan China mendukung mata uang terkait perdagangan seperti euro dan pound Inggris.

Negosiasi AS-China berlanjut pada Jumat (15/11/2019) karena kedua belah pihak berusaha untuk menuntaskan pakta perdagangan "fase satu". Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan kemajuan sedang dibuat pada rincian perjanjian, yang membantu mengangkat mata uang yang terpapar perdagangan dengan mengorbankan aset safe haven seperti yen Jepang.

Baca juga: Dolar AS jatuh, yen naik karena investor hindari risiko

Ross, dalam sebuah wawancara di Fox Business Network, mengatakan ada kemungkinan yang sangat tinggi Amerika Serikat akan mencapai kesepakatan akhir pada kesepakatan perdagangan fase satu dengan China, tetapi tidak mengatakan apakah ia mengharapkan kesepakatan akan tercapai sebelum tarif AS pada barang-barang China akan mulai berlaku pada 15 Desember.

Dolar AS turun 0,28 persen terhadap euro dan 0,18 persen terhadap pound Inggris, masing-masing pada 1,105 dolar dan 1,290 dolar. Greenback juga naik 0,41 persen terhadap yen Jepang, terakhir di 108,81, setelah mata uang safe-haven naik minggu ini karena kerusuhan politik di Hong Kong dan ketidakpastian perdagangan mengurangi selera risiko. Franc Swiss juga melemah 0,21 persen terhadap dolar AS.

Data China yang suram pada awal pekan ini masih memperkuat harapan untuk kesepakatan, beberapa analis berpendapat.

"Kepercayaannya adalah mungkin, meskipun angka-angka di Amerika Serikat hampir tidak ekspansi ... fakta bahwa China sedang melambat berarti mungkin ada pengaruh ekonomi di pihak AS dan bahwa China akan menandatangani apa pun," kata Juan Perez, pedagang valuta asing senior dan ahli strategi di Tempus Inc.

Pada Jumat (15/11/2019), Departemen Perdagangan melaporkan bahwa penjualan ritel AS rebound pada Oktober, tetapi konsumen mengurangi pembelian barang-barang rumah tangga berbiaya besar dan pakaian, menimbulkan pertanyaan tentang kekuatan konsumen yang saat ini menopang ekonomi AS.

Itu mungkin juga berkontribusi pada kenaikan euro dan pound.

“Ketika kami melihat angka kuartal kedua untuk Eropa dan Inggris, angka-angka itu sangat mengkhawatirkan, tetapi sekarang kami melihat angka kuartal ketiga, kemajuan mereka sedikit lebih baik dan laju mereka telah berada pada harapan atau lebih, sedangkan Amerika Serikat sebenarnya telah melambat," kata Perez.

"Dolar akhirnya hari ini bereaksi terhadap angka-angka itu dan mengatakan laju ekonomi Amerika Serikat tidak terlalu bagus."

Baca juga: Dolar AS naik sedikit ketika kesaksian Powell menjadi pusat perhatian
Baca juga: Dolar bertahan setelah Trump ungkap sedikit tentang perang dagang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019