Kami mengapresiasi rencana penelitian tim PVMBG Bandung mengingat amblasan saat awal terjadi pada 4 November 2019, sekitar pukul 10.00 WIT hanya 75 cm. Namun pada 6 November 2019 kedalamannya antara 12-15 meter
Ambon (ANTARA) - Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung di bawah Kementerian ESDM diagendakan meneliti terjadinya amblasan (penurunan tanah) di Desa Sila, Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada 14 November 2019.

Camat Nusalaut, Chris Lailossa saat dihubungi ANTARA dari Ambon, Senin, mengatakan rencana tim dari PVMBG Bandung melakukan penelitian itu sesuai pemberitahuan dari staf Dinas ESDM Maluku.

"Saya diberitahu staf Dinas ESDM Maluku bahwa tim dari PVMBG Bandung akan melakukan penelitian, makanya kami apresiasi karena meresahkan masyarakat Desa Sila yang mengalami peristiwa serupa seperti di Desa Leinitu pada 16 Juni 2012," ujarnya.

Dia mengemukakan, PVMBG Bandung mengirimkan tim ke Desa Sila karena menindaklanjuti laporannya kepada Pemprov Maluku, Pemkab Maluku Tengah serta Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon.

"Kami mengapresiasi rencana penelitian tim PVMBG Bandung mengingat amblasan saat awal terjadi pada 4 November 2019, sekitar pukul 10.00 WIT hanya 75 cm. Namun pada 6 November 2019 kedalamannya antara 12-15 meter," katanya.

Selain itu, juga terjadi keretakan tanah selebar 25 meter dengan panjang 100 meter ke arah pantai.

"Amblasan juga mengakibatkan tiga unit rumah warga Desa Sila mengalami keretakan sehingga telah diimbau agar mengungsi untuk sementara sambil menunggu hasil penelitian dari tim PVMBG Bandung , " katanya.

Lokasi amblasan telah dipasang garis polisi oleh Polsek Nusalaut. Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di sekitarnya.

"Tim ESDM dan BPBD, baik dari Provinsi Maluku maupun Pemkab Maluku Tengah telah meninjau lokasi amblasan sehingga laporan mereka mendukung permintaan PVMBG Bandung sesegera mungkin melakukan peneltian, " kata Chris Lailossa.

Sedangkan Kades Leinitu Decky Tanasale mengatakan, berdasarkan hasil penelitian Staf PVMBG Bandung, Salwan Palgunadi memastikan terjadi amblasan di Desa Leinitu dan Sila, Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah pada 16 Juni 2012.

"Amblasan terjadi karena tekstur tanah berupa bebatuan koral sehingga bila terjadi gempa tektonik membentuk rongga-rongga," katanya mengutip penjelasan Salwan.

Amblasan yang ditinjau di Desa Leinitu dan Sila itu berdasarkan pengamatan mengakibatkan retak-retak yang melingkar.

"Jadi masyarakat jangan resah dengan amblasan tersebut karena itu tidak berdampak pada terjadinya patahan besar, gelombang pasang (tsunami) maupun munculnya gunung api baru sebagaimana diisukan akhir-akhir ini," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun terjadinya amblasan di Desa Leinitu berukuran 2 X 3 meter akibat gempa mengguncang Pulau Nusalaut sejak 1 Juni 2012 dan guncangan kuat pada 16 Juni 2012.

Akibat guncangan pada 16 Juni 2012 tanah terbelah, tiga unit rumah warga mengalami retak-retak dan talud penahan ombak patah.


Baca juga: Warga resah, PVMBG didesak teliti amblasan di Pulau Nusalaut

Baca juga: Lagi, tanah amblas akibat gempa di Pulau Nusalaut Maluku

Baca juga: BNPB imbau warga Sila tidak beraktivitas di sekitar area tanah amblas

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019