Pertamina tuntaskan penanganan kerusakan pipa Cimahi

Pertamina tuntaskan penanganan kerusakan pipa Cimahi

Foto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). PT Pertamina masih melakukan investigasi terkait kebakaran pipa milik pertamina itu yang letaknya berdekatan dengan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Jakarta (ANTARA) - Hingga saat ini, PT Pertamina (Persero) masih menuntaskan membersihkan sisa BBM di sekitar lokasi pipa Cimahi di samping ruas tol Padalarang KM 130.

Pengangkatan BBM dilakukan menggunakan mobil tangki yang memiliki fasilitas pompa, disebut juga sebagai vacuum truk, serta melokalisir sisa BBM dari parit dengan tanggul.

“Kami telah menurunkan lebih dari 90 personil di lokasi kejadian. Konsentrasi Pertamina saat ini adalah untuk finalisasi pembersihan BBM serta menjaga supaya aliran air maupun parit tetap aman. Di saat bersamaan, kami juga menangani pipa yang terdampak,” jelas VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Polisi periksa pekerja proyek di area kebakaran pipa minyak di Cimahi

Fajriyah menjelaskan, stok BBM untuk wilayah Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi dan sekitarnya berada dalam kondisi cukup. Pasokan untuk wilayah tersebut disuplai oleh Terminal BBM Padalarang dan TBBM Ujung Berung. “Hari ini, kami juga melakukan alih suplai dari TBBM Cikampek untuk mendukung ketersediaan BBM di sebagian area di Purwakarta,”tambahnya.

Insiden kebakaran Pipa Cimahi terjadi kemarin siang, di mana berdasarkan keterangan pers dari KCIC menyatakan bahwa insiden terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB.

Hingga saat ini, Pertamina terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yakni KCIC selaku pemilik proyek, Pemda setempat, aparat kepolisian, serta instansi terkait guna investigasi penyebab insiden tersebut.

Baca juga: Guru Besar Unpad: KCIC harus antisipasi keberadaan pipa BBM
Baca juga: Pertamina sebut pasokan BBM di Bandung aman pasca kebakaran pipa
Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019