IPW perkirakan wakapolri jabat plt kapolri bila Tito menjadi menteri

IPW perkirakan wakapolri jabat plt kapolri bila Tito menjadi menteri

Arsip-Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto saat membuka Rapat Koordinasi Pembinaan (Rakorbin) Sumber Daya Manusia (SDM) Polri Tahun 2019 di Kabupaten Badung, Bali, Rabu (25/9/2019). (Foto Antaranews Bali/Ayu Khania Pranishita)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane memperkirakan Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri setelah munculnya info bahwa Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan diangkat menjadi menteri dalam Kabinet Jokowi jilid II.

"IPW memperkirakan penetapan plt kapolri akan berjalan lancar tanpa hambatan apa pun," kata Neta.
Baca juga: Kapolri Tito Karnavian merapat ke istana tanpa kenakan kemeja putih

Sementara posisi wakapolri yang nantinya kosong akan diisi oleh Kabareskrim Komjen Idham Azis, demikian siaran pers IPW, Selasa.

"Jika semuanya berjalan lancar, gerbong mutasi di Polri pun akan bergerak. Kabareskrim Komjen Idham Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono," katanya lagi.
Baca juga: Menanti kepastian sinyal Istana bagi Kapolri

Sementara posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idham Azis diperkirakan akan diisi Irjen Gatot Edi yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya. Sedangkan posisi Kapolda Metro Jaya ada dua calon kuat, yakni Kapolda Jabar Irjen Rudi Sufahriadi dan Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto.

Jabatan Plt Kapolri yang diduduki oleh Ari Dono diperkirakan akan dipertahankan hingga masa pensiunnya pada bulan Desember mendatang.
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019