Jakarta (ANTARA) - Irlandia mengunci tiket perempat final Piala Dunia Rugby setelah mempecundangi Samoa dengan skor 47-5, dalam pertandingan Pool A yang dimainkan di Stadion Fukuoka Hakatanomori, Jepang, Sabtu malam WIB.

Berbekal kemenangan itu, Irlandia memuncaki klasemen Pool A dengan koleksi 16 poin dan empat bonus point, demikian dilansir laman resmi turnamen. Sedangkan Samoa hanya menempati peringkat keempat dengan lima poin dan satu bonus point.

Situasi itu membuat Jepang dan Skotlandia harus menjalani pertandingan hidup-mati pada Minggu, untuk merebut satu tiket tersisa menuju fase gugur.

Baca juga: Australia tundukkan Georgia sebagai pemanasan jelang fase gugur

Jika pertandingan tersebut dibatalkan karena Topan Hagibis, Jepang dipastikan akan mendampingi Irlandia ke fase gugur.

Irlandia harus bermain dengan 14 pemain sejak menit ke-28, ketika Bundee Aki harus diusir keluar lapangan akibat bahunya menubruk pemain fly half Samoa Ulupano Seuteni.

Pelatih Irlandia Joe Schmidt mengatakan pengusiran tersebut merupakan hal yang berat bagi Aki, yang akan absen sampai turnamen ini usai.

Baca juga: Laga Inggris vs Prancis dan Selandia Baru vs Italia dipastikan batal

"Sulit untuk berargumen (mengenai kartu merah) pada saat ini, namun itu benar-benar menghantam Bunde," kata Schmidt seperti dikutip AFP.

Irlandia memimpin 21-5 pada babak pertama, namun bahkan dengan kekurangan satu pemain mereka masih mampu mencetak try keempat yang berbuah bonus point sebelum turun minum ketika Johnny Sexton mencetak try keduanya.

Try pertama Irlandia dicetak Rory Best dari situasi line out, dan Tahdg Furlong mengukir try kedua dengan bergerak langsung ke dinding pertahanan Samoa.

Baca juga: Wales kalahkan Fiji untuk rebut tiket delapan besar

Fullback Jordan Larmour, yang menebar ancaman setiap kali ia membawa bola, memperbesar celah yang membuat Sexton dapat membukukan try pertamanya.

Jack Lam mencetak try untuk Samoa, sebelum Sexton mengukir try keempatnya menjelang babak pertama usai, ketika Murray melaju ke sisi pendek dari scrum.

Pengamatan cermat dari Murray pada awal babak kedua, membuat Larmour dapat menerima bola dan bergerak ke sudut untuk mencetak try kelima bagi Irlandia.

Irlandia masih mampu menambah dua try lagi melalui CJ Stander dan Andre Conway pada fase akhir pertandingan, untuk memastikan kemenangan besar mereka atas Samoa.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019