Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) baru periode 2019-2023 Raja Sapta Oktohari bertekad akan membawa Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Kita sepakat bercita-cita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Dan proses ini akan kita kejar dan raih pada saat Olimpiade Tokyo 2020 nanti," ujar Okto, sapaan akrabnya, usai Kongres Pemilihan KOI di Jakarta, Rabu.

Okto menjelaskan ia akan berupaya untuk mengambil hati negara-negara yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020 nanti supaya mereka mau mempercayakan perhelatan Olimpiade 2032 diselenggarakan di Indonesia.

Selain itu, ia juga akan memaksimalkan perannya, yang merupakan perwakilan Indonesia pada Kongres Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) untuk melobi negara-negara lain agar membantu mewujudkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Tidak hanya itu, ia juga akan merangkul cabang olahraga, terutama cabor-cabor yang aktif di federasi internasional untuk memanfaatkan jaringannya.

"Yang akan kami lakukan dengan memaksimalkan peran-peran mereka yang aktif di federasi internasional karena dengan ini akan mudah menjangkau dunia dan membuat Indonesia jadi tuan rumah (Olimpiade 2032)," katanya.

Meskipun bercita-cita dan bertekad membawa Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Okto juga menggaris bawahi perhelatan SEA Games 2019 di Filipina yang bergulir pada November mendatang. Ia menyatakan akan memaksimalkan anggaran untuk cabor yang mengikuti pesta olahraga Asia Tenggara itu.

"Kami mengalami proses transisi pergantian pemerintahan yang akan dilantik nanti. Kita juga akan segera tahu Menpora baru nanti dan kita akan kerja sama terkait anggaran yang akan digunakan di SEA Games Manila," tuturnya.

Raja Sapta Oktohari resmi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2019-2023 dengan menggandeng Ketua Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Warih Sadono sebagai wakil ketua melalui Kongres Istimewa KOI di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Raja Sapta Oktohari terpilih sebagai Ketum KOI

Baca juga: KOI baru punya tugas loloskan Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019