Jakarta (ANTARA) - Wales mengalahkan Fiji dengan skor 29-17 melalui pertandingan Pool D yang berlangsung sengit di Stadion Oita, Rabu malam WIB, untuk merebut tiket delapan besar Piala Dunia Rugby.

Berkat kemenangan tersebut, Wales memuncaki klasemen pool dengan 14 poin dan dua bonus point. Sedangkan Fiji berada di peringkat ketiga dengan tujuh poin dan tiga bonus point, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Hasil ini sekaligus memastikan Australia yang menghuni peringkat kedua melaju ke delapan besar. Australia berada di peringkat kedua dengan 11 poin dan dua bonus point.

"Ini (pertandingan) berat. Mereka memiliki sejumlah pemain bagus dan kami harus berusaha keras untuk bertahan di sini," kata pelatih Wales Warren Gatland seperti dilansir AFP.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Oita, Fiji tampil gemilang pada fase awal. Mereka mencetak dua try dalam rentang waktu Josua Tuisova dan Kini Murimurivalu. Meski demikian, mereka tidak mampu menambah poin melalui konversi.

Fiji kemudian hampir mendapatkan try ketiganya, namun tidak disahkan karena mereka melakukan operan ke depan. Bukan hanya sekali, Fiji masih dua kali gagal mencetak try karena melakukan operan ke depan.

Wales baru mampu mencetak poin pada menit ke-17, dengan diawali sepakan akurat Dan Biggar yang dikejar Josh Adams untuk mencetak try di sudut lapangan. Biggar kemudian menambah poin untuk Wales melalui konversinya.

Adams kemudian mengukir try keduanya pada menit ke-30. Biggar kembali berhasil saat melakukan konversi.

Wales menggenggam keunggulan 14-10, setelah Fiji kembali gagal menambah poin ketika operan Ben Volavola kepada Viliame Mata gagal ditangkap.

Fiji kemudian mampu berbalik unggul ketika wasit memberikan mereka penalti try.

Semenit setelah Rhys Patchell masuk lapangan untuk menggantikan Biggar yang cedera, ia mencetak penalti dari jarak 42 meter untuk menyamakan kedudukan.

Operan mulus dari Jonathan Davies kemudian membawa Adams dapat mengukir try ketiganya untuk merestorasi keunggulan Wales pada menit ke-60. Liam Williams mencetak try keempat Wales delapan menit berselang untuk memastikan kemenangan timnya sekaligus membuat mereka mendapatkan bonus point.

Skotlandia pecundangi Rusia

Dalam pertandingan yang dimainkan lebih awal di Stadion Shizuoka Ecopa, Skotlandia mempecundangi Rusia dengan skor mutlak 61-0.

Ini adalah kemenangan kedua Skotlandia pada Piala Dunia Rugby tahun ini, dan menjaga peluang mereka untuk menembus perempat final saat berhadapan dengan Jepang pada Minggu.

Skotlandia mencetak sembilan try yang disumbangkan oleh Adam Hastings (13', 17'), George Horne (21', 44', 58'), George Turner (50'), Tommy Seymour (55'), John Barclay (74'), dan Stuart McInally (77').

Bagi Rusia, hasil itu membuat mereka mengakhiri penampilannya di Piala Dunia Rugby dengan empat kekalahan dari empat pertandingan.

Pada pertandingan yang dimainkan paling awal, Argentina mengungguli AS dengan skor 47-17. Hasil ini membawa Argentina mengamankan tiket untuk tampil pada Piala Dunia Rugby 2023. Namun kedua negara itu sudah dipastikan tidak dapat menembus fase gugur Piala Dunia tahun ini.

Baca juga: Wales menang dramatis atas Australia di Piala Dunia Rugby

Baca juga: Wales tundukkan Georgia 43-14 di Piala Dunia Rugby

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019