kalau dilihat dari jumlah penumpang mencapai 500 orang di hari pertama operasional
Jakarta (ANTARA) - Sejak diluncurkan operasional layanan Kereta Api (KA) Bandara dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (5/10) tercatat jumlah pengguna mencapai 500 orang per hari.

"Respon penumpang cukup bagus, kalau dilihat dari jumlah penumpang mencapai 500 orang di hari pertama operasional," kata Wakil Kepala Stasiun Manggarai, Nurcholis saat ditemui di Stasiun Manggarai Selasa.

Berdasarkan catatan dari PT Railink selaku operator KA Bandara dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta (Soeta), jumlah penumpang KA Bandara pada hari pertama Sabtu (5.10) sebanyak 527 orang.

Baca juga: Pengguna sebut KA Bandara lebih cepat dan bebas macet

Sementara itu pada hari kedua Minggu (6/10) jumlah penumpang tercatat 591 orang dari Stasiun Manggarai, dan Senin (7/10) tercatat sebanyak 448 orang.

Nucholis mengatakan KA Bandara memprioritaskan melayani penumpang yang hendak ke Bandara Soetta, tetapi juga terbuka bagi pengguna kereta lainnya yang hendak ke Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

Pada tanggal 6 Oktober 2019 jumlah penumpang yang turun di Stasiun Batu Ceper sebanyak 105 orang, 12 orang di Stasiun Duri dan 14 orang di Sudirman Baru.

Baca juga: Warga manfaatkan promo KA Bandara Stasiun Manggarai

Selanjutnya di tanggal 7 Oktober jumlah penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun Batu Ceper sebanyak 108 orang, Stasiun Duri tiga orang dan Stasiun Sudirman Baru delapan orang.

"Kami mencoba memberikan pilihan bagi masyarakat pengguna kereta untuk mencoba alternatif transportasi lain selain KRL commuter line untuk ke Duri, Sudirman Baru maupun ke Batu Ceper," kata Nurcholis.

Ia mengatakan selain menggunakan KRL, pengguna kereta bisa mengakses KA Bandara untuk turun di Stasiun Sudirman dengan tarif lebih terjangkau yakni Rp10 ribu selama masa promosi berlaku sampai akhir Oktober 2019.

Untuk Stasiun Duri dikenai tarif Rp15 ribu. Sementara tarif normalnya sekitar Rp35 ribu.

Baca juga: Perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai dimulai pukul 05.10 WIB

Mereka yang menggunakan KA Bandara untuk ke Stasiun Sudirman Baru, dan Stasiun Duri dapat menikmati perjalanan dengan fasilitas kereta tempat duduk eksekutif.

"Kalau naik KRL mungkin mereka akan berdiri, dengan KA Bandara ada pilihan untuk menikmati perjalanan kereta eksekutif ke Stasiun Sudirman maupun Duri," kata Nucholis.

KA Bandara beroperasi setiap hari dari Stasiun Manggarai dimulai pukul 05.10 WIB dan 21.40 WIB. Sedangkan dari Stasiun Soetta mulai pukul 06.07 WIB sampai dengan 22.37 WIB.

Setiap hari KA Bandara melayani 34 perjalanan, kereta tersedia setiap 30 menit sekali. KA Bandara terdiri atas enam rangkaian kereta dengan kapasitas 227 tempat duduk.

Baca juga: Railink suguhkan musik jazz tarik minat penumpang

Sebelumnya KA Bandara hanya bisa dicapai melalui Stasiun Sudirman Baru atau BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper. Kini masyarakat khususnya pengguna KRL commuter line Jabodetabek bisa mengakses layanan tersebut.

Pada hari peluncuran, Menteri Perhubungan Budi Karya berharap pengoperasian KA Bandara dari Stasiun Manggarai dapat menjadi alternatif pilihan menuju Bandara Soetta sehingga terjadi peningkatan jumlah pengguna.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019