F-PAN: Pembagian kursi Pimpinan AKD secara proporsional

F-PAN: Pembagian kursi Pimpinan AKD secara proporsional

Anggota DPR RI Yandri Susanto dari Partai Amanat Nasional. ANTARA/Mulyana/am.

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto mengatakan kursi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dibagi secara proporsional dan akan ditentukan pada pekan depan.

"Insya Allah pekan depan, misalnya PDIP dapat berapa, itu pekan depan dan dibagi secara proporsional," kata Yandri usai Rapat Konsultasi antara Pimpinan DPR dengan Pimpinan fraksi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, pembagian secara proporsional itu diartikan parpol yang memperoleh kursi banyak maka tentunya akan mendapat pimpinan lebih banyak.

Baca juga: DPR RI 2014-2019 dinilai belum punya sistem penutup korupsi

Baca juga: Pengamat: Parlemen 2019-2024 harus bisa membuktikan diri

Baca juga: INDEF harapkan kenaikan anggaran DPR diringi peningkatan kinerja


Menurut dia, parpol yang memperoleh kursi menengah akan dapat menengah, dan yang kecil akan mendapatkan kecil juga, dan itu adil karena mengikuti mekanisme UU MD3.

"Jumlah tetap 11 komisi dan 5 AKD, berarti 16 ketua plus tiga wakilnya, itu yang didistribusikan ke masing-masing. Namun tentunya partai yang suaranya banyak mendapatkan banyak," ujarnya.

Dia mengatakan, ada rumusan baku dalam pembagian kursi Pimpinan komisi dan AKD sehingga FPAN kemungkinan mendapatkan satu kursi ketua komisi dan tiga hingga empat wakil.

Namun menurut dia, nantinya akan dibicarakan dan dimusyawarahkan terkait pembagian kursi pimpinan komisi dan AKD.

"Kalau lobi-lobi antar-fraksi biasa saling komunikasi, penjajakan, mungkin PDIP mau komisi berapa yang utama yang kedua dimana. Mungkin PAN maunya disini, ada pembicaraan seperti itulah namun akhirnya harus diambil keputusan resmi dalam rapat Bamus tidak bisa rapat di informal," katanya.
Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019