Lima tahun terakhir saya mulai menikmati aktivitas saya di luar sepak bola
Jakarta (ANTARA) - Cristiano Ronaldo terus membuat semua orang menebak masa depannya, dengan megabintang Juventus tersebut kembali memberikan indikasi tentang rencana pensiunnya.

Pada usia 34 tahun, setiap pemain sepak bola normalnya akan mendekati akhir karier sebagai pesepak bola. Namun, Ronaldo bukanlah pemain biasa dan ia telah bekerja tanpa lelah agar tetap berada dalam kondisi fisik terbaik dan terus bermain di tingkat tertinggi.

Ia belum menunjukkan tanda-tanda melambat dan sebelumnya telah mengatakan bahwa ia masih bisa bermain lebih lama, dengan kemungkinan dapat meniru Ryan Giggs dan Paolo Maldini hingga umur 40 tahun.

Baca juga: Soal Ballon d'Or, Ronaldo merasa pantas lebih banyak dari Messi
 
Penyerang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) berada dekat dengan seorang penggemar yang menerobos ke dalam lapangan di tengah pertandingan Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Lithuania di Stadion LFF, Vilnius, Selasa (10/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Ints Kalnins)


Akan tetapi, Ronaldo belakangan mulai banyak melakukan kegiatan di luar lapangan, dengan sejumlah proyek serta perusahaan miliknya. Ronaldo sendiri mengakui bahwa ia tidak bisa memprediksi kapan ia akan pensiun sebagai pesepak bola.

"Saya masih mencintai sepak bola. Saya suka menghibur para penggemar dan orang-orang yang mencintai Cristiano. Tidak masalah tentang usia, itu semua soal mentalitas," ujar Ronaldo saat ditanya tentang masa depannya dalam sebuah wawancara dengan SPORTbible pada Selasa (01/10).

"Lima tahun terakhir saya mulai menikmati aktivitas saya di luar sepak bola, jadi siapa yang tahu apa yang akan terjadi dalam satu atau dua tahun ke depan?"

Baca juga: Cristiano Ronaldo berhasil dongkrak bisnis Shopee
 
Megabintang Juventus Cristiano Ronaldo (kiri) menyundul bola untuk mencetak gol ke gawang Torino dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion Allianz, Torino, Italia, Jumat (3/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Massimo Pinca)


Ronaldo memang dikenal sebagai orang yang menyukai tantangan dan mengakui bahwa ia memiliki komitmen untuk menjaga nilai komersilnya di luar sepak bola.

"Saya tidak ingin meniru siapa pun. Anda harus menjadi diri sendiri setiap saat, tetapi Anda selalu dapat mengambil detail kecil dan mengambil contoh yang baik, tidak hanya dalam sepak bola tetapi juga dalam olahraga lain seperti Formula 1, NBA, golf, UFC, apa pun," tambah kapten timnas Portugal itu

"Atlet terbaik memiliki etos kerja yang serupa. Bahkan CEO dari perusahaan besar selalu termotivasi dan mereka harus bekerja keras untuk mencapai hal-hal yang baik."

"Kamu harus yakin pada dirimu sendiri. Dalam sepak bola, saya punya lebih banyak kontrol. Saya tahu apa yang bisa saya lakukan. Dalam bisnis, lebih sulit, kamu bergantung pada orang lain, tetapi saya punya tim yang bagus. Itu akan menjadi sebuah tantangan."

Namun, untuk saat ini, sepak bola masih menjadi fokus utama Ronaldo. Ia berusaha meraih lebih banyak trofi baik di tingkat klub atau internasional.

Baca juga: Ronaldo berencana menikah dengan Georgina Rodriguez

Baca juga: Jadi Cristiano Ronaldo itu membosankan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019