Jakarta (ANTARA) - FIFA memerintahkan Cardiff City membayar fee transfer sebesar 6 juta euro kepada Nantes untuk Emiliano Sala yang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat Januari silam saat dalam perjalanan dari Nantes ke Cardiff setelah kedua klub menyepakati transfer untuk striker Argentina itu.

Setelah kematian itu, kedua klub gagal mencapai kesepakatan menyangkut fee transfer 15 juta pound sehingga Nantes mengajukan kasus ini ke FIFA pada April.

Dalam pernyataan yang disampaikan Senin waktu setempat, FIFA menyatakan, Komite Status Pemain FIFA memutuskan bahwa Cardiff City FC harus membayar FC Nantes sejumlah 6.000.000 euro, sama dengan angsuran pertama sesuai dengan perjanjian transfer."

Juru bicara Cardiff City menanggapi, "Cardiff City FC sudah mengetahui keputusan itu yang diumumkan hari ini oleh Komite Status Pemain FIFA menyangkut transfer Emiliano Sala."

"Kami akan mencari klarifikasi lebih jauh dari FIFA mengenai pengertian sebenarnya dari pernyataan mereka itu sebagai upaya membuat keputusan yang tepat untuk langkah kami nanti."

Baca juga: Solskjaer minta MU belajar dari Aubameyang

Sumber-sumber berkata kepada ESPN bahwa Cardiff City akan mencari klarifikasi mengenai apakah keputusan FIFA itu untuk angsuran ganda atau fee terakhir. Sebaliknya Nantes belum mengomentari pengumuman FIFA itu.

April silam, Nantes menyeru FIFA untuk campur tangan setelah Cardiff City tidak membayarkan angsuran pertama dari fee penuh transfer.

FIFA awalnya memberi batas waktu 3 April kepada kedua klub untuk memberikan data tetapi batas waktu itu diperpanjang setelah Cardiff menyurati Nantes pada Maret karena ingin membereskan dahulu persoalan internal. Kedua klub gagal bersepakat sehingga FIFA harus campur tangan.

Baca juga: Bos Cardiff janjikan sengketa seputar Sala ditangani lebih baik

Nantes menginginkan bayaran penuh untuk Sala, sebaliknya Cardiff menganggap transfer itu batal karena sejumlah kriteria dalam kontrak asli tidak terpenuhi. Nantes ngotot dan Sala memang sudah berstatus pemain Cardiff ketika kecelakaan yang merenggut nyawanya itu.

Kedua klub diberi waktu 10 hari untuk mengajukan banding ke Mahkamah Arbitrase Olahraga di Lausanne, Swiss, demikian ESPN.

Baca juga: Keane dukung Solskjaer kendati start Manchester United buruk

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019