Shanghai (ANTARA) - China dan Rusia berminat melakukan investasi di wilayah ibu kota baru di Provinsi Kalimantan Timur, ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ditemui di sela-sela forum bisnis yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Beijing di Shanghai, Senin.

"Banyak sekali negara yang berminat, karena hal itu kesempatan," kata dia.

Menurut Enggartiasto, sudah banyak juga perusahaan asal China yang bertanya dan menghubungi langsung Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kementerian Perindustrian.

"Masing-masing perusahaan tersebut masuk sesuai kepentingannya di bidang apa. Infrastruktur mereka sudah cukup kuat. Demikian pula dengan telekomunikasi, pelabuhan, listrik, banyak sekali yang bisa dikerjakan," ujarnya.

Di sela-sela menghadiri Forum Bisnis di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, Mendag juga bertemu perwakilan industri otomotif setempat Wuling yang sudah berinvestasi di Indonesia.

"Wuling akan meningkatkan investasinya dan menyiapkan mobil listrik untuk kemudian diekspor," katanya.

Baca juga: BI Beijing yakinkan pengusaha China investasi di Indonesia

Baca juga: Menhub: Transportasi di ibu kota baru akan berbasis listrik


Sebelumnya dalam pertemuan bilateral di Bangkok, Thailand, Mendag Enggartiasto mendapatkan pernyataan pemerintah Rusia yang ingin berinvestasi di Kalimantan.

"Mereka juga akan membuat jalan kereta dari Kalteng ke Kalsel," kata dia.

Selain di bidang infrastruktur, kedua negara tersebut juga tertarik berinvestasi di bidang industri dan pariwisata.

"Di Kaltim ada Derawan. Kalau dulu orang mengatakan jauh, nanti akan dekat dengan ibu kota. Mereka akan mempersiapkan segala fasilitas infrastruktur, hotel, restoran, dan 'resort'," ujarnya.

Demikian juga dengan bisnis kuliner, lanjut Mendag, akan menjanjikan di wilayah ibu kota baru tersebut.

Baca juga: Rusia janjikan dukungan pembangunan infrastruktur Ibu Kota baru RI

Baca juga: Pemerintah tawarkan pengembang bangun kantor kedutaan di ibu kota baru


Dalam Forum Bisnis di Shanghai, Mendag didampingi Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun dan Konsul Jenderal RI untuk Shanghai Deny Wachyudi Kurnia bertemu dengan D‏irektur Utama Tsingshan Industry Grup Xiang Guangda.

"Dia kita berikan informasi potensi pasar, seperti apa, ekspor ke mana saja. Dia sudah lama beroperasi di Morowali dengan investasi yang besar sekali dan akan segera ekspansi terus nikelnya. Dia menyerap tenaga kerja kita 30.000 orang atau lebih besar daripada jumlah penduduk di lokasi industrinya di Morowali, sedangkan tenaga kerja dari China sangat sedikit. Nikel yang mereka olah bisa jadi bahan baku stainless steel, konstruksi, dan baterai," kata Enggar.

Sementara itu, Wakil Kepala BI Perwakilan Beijing Muchamad Agung Hastowo mengemukakan Pulau Kalimantan mengalami pertumbuhan ekonomi positif yang dipicu oleh pengembangan proyek infrastruktur untuk ibu kota Indonesia yang baru.

"Saat ini ekonomi Kalimantan tumbuh pada kisaran 5,6 persen. Kami meyakini prospek perekonomian Kalimantan akan semakin tinggi dengan adanya Ibu Kota Indonesia yang baru di sana," ujarnya.

Baca juga: Ibu kota baru, pertumbuhan ekonomi Kaltim berpeluang tembus 7,3 persen

Baca juga: Pemindahan ibu kota dongkrak kesempatan kerja hingga 10,5 persen

 

Kendaraan listrik akan ramaikan ibu kota baru





 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019