Sentani (ANTARANews) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura telah menyiapkan ribuan rumah huni yang akan diberikan kepada korban Bencana Banjir Bandang Maret lalu di Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, rumah sebanyak 2.300 yang dipesan dari luar akan dibawa ke Kabupaten Jayapura. 

"Rumah dengan menggunakan bata ringan yang memang sudah dipaketkan setiap unit akan dibawa dengan menggunakan jalur laut. Jadi masyarakat hanya tinggal masuk dan tinggal di rumah baru itu," jelas Bupati Awoitauw di Sentani pada Jumat (13/9/2019).

Dikatakan, selama ini Pemerintah Daerah memang kesulitan dalam menentukan lahan untuk membangun dan menempatkan rumah-rumah bagi warga yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.

"Sudah ada koordinasi dengan pihak masyarakat adat dan dewan adat untuk turut membantu dalam penanganan lahan yang akan ditempatkan oleh warga, termasuk pemilik hak ulayat," katanya.

Menurut Awoitauw, proses pengiriman serta pemasangan ribuan rumah warga ini akan berlangsung hingga akhir Tahun.

"Sebanyak 300 unit di wilayah Kemiri, dan sebagian besar di wilayah pesisir danau dan sebagian lagi untuk di selatan dan barat Moi," ungkapnya.

Mathius berharap agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu juga, dukungan masyarakat sangat dibutuhkan bagi Daerah ini menjelang sejumlah event besar yang akan dilaksanakan seperti PON XX dan lain sebagainya.

"Kita sudah sepakat untuk menjaga daerah ini aman dan damai, tidak boleh ada aktifitas dan aksi-aksi yang mengganggu ketentraman serta kedamaian di sini. Zona integritas keukunan sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sebagai masyarakat di Bumi Khenambai Umbai," katanya.

Sebelumnya Kepala BNPB Pusat, Doni Moenardo juga telah mengatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura, secara khusus korban bencana banjir bandang.

"Tidak hanya perumahan saja, tetapi dari sisi peingkatan ekonomi, pendidikan dan sosial budaya juga menjadi perhatian kami bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura," pungkasnya.(ADV)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019