Kematian ikan secara masal ini dipastikan oleh sebab lain,
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kematian ikan secara massal di Pantai Ambon sejak beberapa hari terakhir bukan pertanda akan terjadi gempa bumi dan tsunami.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya pada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono yang dihubungi dari Jakarta, Senin.

Daryono menyebutkan, selama ini belum pernah ada peristiwa gempa besar dan memicu tsunami yang didahului oleh matinya ikan secara massal. Tidak ada dalam ilmu gempa menjadikan ikan mati sebagai precursor gempa dan tsunami.

Baca juga: BKIPM Ambon uji sampel dari ribuan ikan mati

"Kematian ikan secara masal ini dipastikan oleh sebab lain. Selama ini, kasus kematian ikan secara massal dapat diakibatkan oleh adanya ledakan, keracunan, atau faktor lingkungan yang mengakibatkan ikan mati," jelasnya.

Peristiwa matinya ikan secara masal ini bukan pertanda akan terjadi gempa dan tsunami.

Aktivitas kegempaan di Ambon dan sekitarnya saat ini normal-normal saja, tidak tampak adanya aktivitas yang mencolok, sehingga masyarakat diminta untuk tenang.

Merebaknya isu akan terjadi gempa dan tsunami ini bersumber dari berkembangnya isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, sementara yang mengembangkan isu ini juga tidak mengetahui asal usul penyebabnya secara pasti.

Baca juga: Warga pesisir Ambon khawatir tsunami datang setelah ribuan ikan mati

Jadi banyak asumsi yang berkembang di masyarakat, salah satunya dikaitkan dengan isu akan terjadi gempa dan tsunami.

"Kami imbau masyarakat tidak perlu mengungsi karena saat ini sedang tidak ada kejadian gempa kuat dan BMKG juga tidak sedang mengeluarkan peringatan dini tsunami," tambah Daryono.

Sejak Sabtu (14/9) warga mendapati ikan banyak yang mengapung dan mati di Pantai Hutumuri, Rutong, Lehari dan Hukurila, Ambon.

Warga mengkaitkan fenomena tersebut dengan tanda alam akan terjadi gempa besar dan tsunami. Akibatnya banyak warga termakan berita bohong (hoaks) tersebut. Sehingga beberapa warga berencana akan mengungsi karena takut akan terjadi tsunami.

Saat ini pihak terkait sedang melakukan investigasi untuk mencari penyebab matinya ikan-ikan di Pantai Ambon.

Baca juga: DKP Ambon analisa ikan mati di pantai Rutong
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019