388 haji debarkasi Aceh tersisa satu kloter di Arab Saudi

388 haji debarkasi Aceh tersisa satu kloter di Arab Saudi

Jamaah haji Debarkasi Aceh dalam kloter 1 saat tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 388 haji kelompok terbang (kloter) 11 Debarkasi Aceh tiba dengan selamat di daerah paling barat Indonesia, dan tersisa satu kloter lagi  di Arab Saudi.

"Jamaah kita di Arab Saudi tinggal kloter 12, sebanyak 361 orang. InsyaAllah akan tiba Minggu, besok," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Daud Pakeh, di Banda Aceh Sabtu.

Dia menjelaskan, jamaah haji kloter 11 yang berasal kabupaten Pidie tersebut mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pukul 02.19 WIB. Dengan rincian 155 jamaah laki laki dan 233 orang perempuan.

"Saat keberangkatan dalam kloter ini sebanyak 393, kemudian dua orang meninggal di Arab Saudi, dan tiga lainnya mutasi ke kloter lain," katanya.

Haji yang meninggal yakni Bungsu Daud binti Daud Cut Agam (68) asal Titeu, Pidie yang meninggal di Mina, Agustus lalu. Dan Ti Adnan binti Muhammad Yusuf (72) asal Indrajaya, Pidie yang meninggal rumah sakit King Abdul Aziz, Selasa lalu.

Panitia kesehatan Debarkasi Aceh, dr Maya Sofia mengatakan saat tiba di Aceh tidak ada jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit daerah, hanya saja sebanyak 13 orang haji perlu mendapatkan observasi lebih lanjut di klinik kesehatan asrama haji.

"Ada 13 orang haji yang dirawat di klinik asrama haji itu rata rata karena kelelahan," katanya.

Hingga kini tercatat sudah sebanyak 4.290 orang haji Debarkasi Aceh tiba di daerah berjulukan serambi mekkah ini.

Baca juga: 388 jamaah kloter 10 tiba di Aceh
Baca juga: Tiba di Aceh, empat orang haji dirujuk ke rumah sakit
Baca juga: Dirawat di RS King Faisal, haji tertua gagal kembali ke Aceh

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019