Pada Juli 2019, YIA melayani 27.585 penumpang, sementara Agustus 2019 tercatat ada 38.646 penumpang. Artinya terjadi peningkatan penumpang sebesar 40 persen
Jakarta (ANTARA) - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama empat bulan beroperasi telah melayani sebanyak 96 ribu penumpang yang diangkut oleh sejumlah maskapai.

Angka ini tercatat sejak dibukanya penerbangan komersial perdana di bandara ini pada 6 Mei 2019 hingga 31 Agustus 2019. Bahkan, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan pada Agustus 2019 jika dibandingkan bulan sebelumnya.

“Pada Juli 2019, YIA melayani 27.585 penumpang, sementara Agustus 2019 tercatat ada 38.646 penumpang. Artinya terjadi peningkatan penumpang sebesar 40 persen,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: AP I optimistis YIA beroperasi penuh akhir 2019

Baca juga: Menhub tinjau YIA dan Stasiun Kedundang Yogyakarta


Saat ini di YIA ada 14 jadwal penerbangan setiap harinya dengan tujuan ke Jakarta (Cengkareng), Jakarta (Halim), Palangkaraya, Samarinda, Lombok dan Makassar yang dilayani oleh empat maskapai, yaitu Citilink, Batik Air, Indonesia AirAsia dan Lion Air.

Pada 25 September 2019, direncanakan akan ada tambahan enam rute penerbangan lagi di YIA yang dioperasikan oleh Lion Air. Maskapai berlogo Singa Merah ini akan membuka rute Kualanamu-YIA-Kualanamu, YIA-Tarakan-YIA, YIA-Pontianak-YIA, sehingga akan ada 20 jadwal penerbangan yang dilayani di YIA.

Baca juga: Musisi Amerika Luke Daniel Holland mendarat di BIY Kulon Progo

“Ke depan, beberapa maskapai juga telah merencanakan akan membuka beberapa rute baru dari dan menuju YIA, antara lain dari maskapai Citilink, Batik Air, dan Lion Air yang akan membuka tambahan 16 rute lagi, sehingga total akan ada 36 penerbangan yang dilayani di YIA,” imbuh Faik.

Penambahan jadwal penerbangan ini seiring dengan progres pembangunan bandara yang terus mengalami kemajuan. Hingga minggu pertama September 2019, progres pembangunan YIA telah mencapai 82 persen.

Pembangunan bandara ini ditargetkan tuntas 100 persen akhir tahun ini dan bisa dioperasikan secara penuh di awal tahun 2020. Nantinya, sebagian besar penerbangan yang saat ini dilayani di Bandara Adi Sutjito akan dipindahkan secara bertahap ke YIA.

Baca juga: Rute penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta bertambah

Presiden tinjau fasilitas Bandara Internasional Yogyakarta


 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019