Jadwal semifinal: Australia tantang Spanyol, Prancis hadapi Argentina

Jadwal semifinal: Australia tantang Spanyol, Prancis hadapi Argentina

Kolase pemain empat tim semifinalis Piala Dunia FIBA 2019, (searah jarum jam dari kanan atas) Ricky Rubio (Spanyol), Rudy Gobert (Prancis), Luis Scola (Argentina) dan Patty Mills (Australia). (ANTARA/AFP-REUTERS/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Australia dan Prancis melengkapi dua slot tersisa di babak semifinal Piala Dunia FIBA 2019 setelah memenangi laga perempat final masing-masing, Rabu, menyusul Argentina dan Spanyol yang melangkah sehari lebih awal.

Prancis lebih dulu memastikan satu tempat di semifinal dengan cara terbaik yakni menjungkalkan juara bertahan dua edisi, Amerika Serikat, dan memenangi laga 89-79 di Dongguan, China, Rabu (11/9).

Les Bleus mencapai semifinal untuk dua edisi beruntun dengan cara meruntuhkan mimpi Amerika meraih gelar juara triruntun.

Dua penggawa tim NBA Utah Jazz, jadi sorotan di masing-masing kubu. Donovan Mitchell menjalani penampilan terbaiknya bersama Amerika lewat 29 poin dan enam rebound, namun Rudy Gobert membukukan dwiganda 21 poin dan 16 rebound untuk memenangkan Prancis.

Baca juga: Prancis pupus mimpi juara triruntun Amerika, menangi perempat final

Baca juga: Australia mulus lewati hadangan Ceko menuju semifinal


Selepas laga di Dongguan, Australia meraih kemenangan yang cukup mudah atas Republik Ceko di Shanghai dengan skor 82-70.

Tak banyak kesulitan berarti bagi Australia yang menang disokong oleh Patty Mills lewat 26 poin dan enam assist atas Ceko yang kembali dipimpin Tomas Satoransky lewat kontribusi hampir triganda berupa 13 poin, 13 assist dan sembilan rebound.

Sehari sebelumnya, Argentina juga menciptakan kejutan saat menghentikan salah satu kandidat kuat juara, Serbia, di Dongguan.

Argentina menang 97-87 atas Serbia. Peninggalan terakhir generasi emas, Luis Scola, menjadi pandu kemenangan dengan 20 poin dan lima rebound dibantu gemilangnya Facundo Campazzo yang membukukan 18 poin, 12 assist, enam rebound serta tiga steal.

Bogdan Bogdanovic yang patut dianggap penampil terbaik Serbia sepanjang turnamen, menutup laga dengan koleksi 21 poin dibantu catatan dwiganda 16 poin dan 10 rebound milik Nikola Jokic, yang tampil membaik dibandingkan laga sebelumnya.

Baca juga: Bermodal keyakinan dan keberanian, Argentina taklukkan Serbia

Baca juga: Rubio pecahkan rekor assist saat antar Spanyol tundukkan Polandia

Selepas itu, Spanyol memainkan peran protagonis karena menghentikan langkah bersejarah Polandia dengan kemenangan 90-78 di Shanghai.

Sembari menyudahi gemilangnya penampilan kedua Polandia setelah setengah abad, Ricky Rubio memecahkan rekor assist sepanjang masa Piala Dunia FIBA.

Ia menutup pertandingan dengan torehan 19 poin, sembilan dan sembilan assist, alias menempatkan dirinya sebagai Raja Assist FIBA dengan koleksi 115 assist, yang tentunya masih bisa bertambah di semifinal dan jika beruntung final.

Baca juga: Popovich berterima kasih kepada pemain yang rela membela Amerika

Baca juga: Campazzo nikmati laju Argentina, abaikan komparasi generasi emas


Berikut jadwal semifinal Piala Dunia FIBA 2019 yang berlangsung Jumat (13/9):

15.00 WIB Spanyol vs Australia
19.00 WIB Argentina vs Prancis

Jadwal pemeringkatan 5-8 Piala Dunia FIBA 2019 yang berlangsung Kamis (12/9):

18.00 WIB Serbia vs Amerika Serikat
20.00 WIB Polandia vs Republik Ceko

 
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019