Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Golkar menyatakan sangat kehilangan atas wafatnya Presiden ketiga RI BJ Habibie, di RSPAD, Jakarta, Rabu petang.

"Partai Golkar sangat kehilangan atas wafatnya Presiden Habibie," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Flash - BJ Habibie meninggal dunia

Baca juga: Habibie wafat pukul 18.05 WIB

Baca juga: Saat wafat BJ Habibie ditemani keluarga


Ace mengatakan bagi partainya Habibie salah satu Presiden Indonesia yang mengukir sejarah dan terkenang jasa-jasanya sebagai Bapak Demokrasi Indonesia.

"Beliau memuluskan jalan bagi proses transisi demokrasi Indonesia yang kita nikmati saat ini," ujar Ace.

Dia mengatakan di bawah kepemimpinan Habibie, Negara Republik Indonesia mampu melewati badai dari ancaman terfragmentasi dan terpecah-pecah.

"Presiden Habibie yang memimpin Indonesia dalam waktu singkat, namun telah meletakkan fondasi demokrasi yang kuat dan solid," ujar dia.

Selain itu, kata Ace, di bawah kepemimpinannya, Presiden Habibie menyelamatkan ekonomi Indonesia dari krisis yang dapat memporak-pondakan negara.

"Partai Golkar sungguh sangat kehilangan. Kami sangat berduka atas kepergian beliau. Hingga akhir hayatnya, Almarhum tercatat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar," kata Ace.

"Selamat jalan Presiden Habibie. Selamat jalan Bapak Teknologi Indonesia dan Bapak Demokrasi Indonesia," ujar dia.

Baca juga: Presiden tiba di RSPAD Jakarta

Baca juga: Seluruh keluarga dekat Habibie berkumpul di RSPAD Gatot Subroto

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019