Jakarta (ANTARA) - Mantan ketua DPR Akbar Tanjung dan menjenguk Presiden ke-3 RI Burhanuddin Jusuf Habibie yang tengah dirawat karena sakit, mengatakan bahwa mereka memiliki hubungan yang baik dan meminta semua rakyat mendoakan dia.

"Saya dekat karena saya pernah menjadi pembantu beliau secara langsung sebagai menteri sekretaris negara. Sebelumnya pun sudah punya hubungan yang baik dengan beliau," ungkap Akbar ketika ditemui awak media sebelum masuk menjenguk Habibie di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu sore.

Baca juga: Gubernur Gorontalo sebut Indonesia masih perlu pemikiran Habibie

Akbar mengatakan bahwa Habibie adalah seorang tokoh yang memiliki komitmen kuat untuk membangun bangsa Indonesia.

Dalam perspektif politik, dia menyebutkan bagaimana Habibie dewan pembina Partai Golkar yang pernah Akbar Tanjung pimpin pada 1998 sampai 2004.

Baca juga: Menristekdikti jenguk dan doakan kesehatan Habibie

Akbar mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan Habibie karena Indonesia masih membutukannya sebagai seorang tokoh bangsa.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang juga merupakan keponakan BJ Habibie, mengatakan bahwa dia sudah bisa merespons dengan mengangguk.

"Dan semua keluarga sudah dipanggil, terutama anak-anak beliau. Sudah di tempat," ujar Rusli usai menjenguk pada Rabu sore.

Selain kedua putranya, ujar Rusli, cucu-cucu, kakak dan adik serta keponakan-keponakan Habibie sudah dikumpulkan.

Rusli sendiri enggan menjelaskan secara rinci kondisi Habibie saat ini dan mengatakan perkembangan terbaru sudah disampaikan sebelumnya oleh putra keduanya Thareq Kemal Habibie.

Dia hanya meminta doa agar Habibie diberikan kesembuhan.

Baca juga: ICMI doakan kondisi Habibie terus membaik
Baca juga: Quraish Shihab pegang tangan Habibie saat menjenguk

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019