Badai Dorian timbulkan banjir saat melanda North Carolina

Badai Dorian timbulkan banjir saat melanda North Carolina

Gambar citra satelit Pelabuhan Marsh di Pulau Great Abaco seusai dilanda Badai Dorian di Bahama, Kamis (5/9/2019). ANTARA FOTO/Citra satelit © 2019 Maxar Technologies Handout via REUTERS/aww.

Kitty Hawk, N.C. (ANTARA) - Badai Dorian memasuki daratan di Outer Banks, North Carolina, Jumat (6/9), dan menerjang pulau penghalang dengan angin kencang dan gelombang yang menggempur beberapa hari setelah membuat sebagian Bahama jadi puing.

Badai tersebut mendarat di Cape Hatteras sekitar pukul 09.00 waktu setempat (20.00 WIB) dengan kecepatan angin maksimum 90 mil per jam (150 kilometer per jam), kata National Hurricane Center, sebagaimana dilaporkan Reuters -- yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

Badai itu jauh lebih lemah dibandingkan dengan yang secara perlahan dan mematikan menerjang Kepulauan Bahama awal pekan ini sehingga menewaskan 43 orang, kata media berita pada Jumat malam, dan diperkirakan masih banyak lagi.

Sampai sore, Dorian bergerak menjauhi negara Atlantik-Tengah dan bergerak ke arah Kanada, tempat Dorian diperkirakan membawa angin dengan kekuatan badai ke beberapa bagian Nova Scotia sampai Sabtu malam, kata NHC.

Topan itu menerjang dan membuat banji Pulau Ocracoke di Outer Banks, memutuskan pasokan listrik dan merendam banyak rumah serta bangunan, kata Gubernur North Carolina Ray Cooper kepada wartawan.

Baca juga: Ribuan orang mengungsi dalam bencana amukan topan di Kepulauan Bahama

Air banjir mencapai setengah kaki meja dan menerjang pagar serta jalan setapak yang ditinggikan, demikian gambar di media sosial. Seorang warga pulau mengunggah video di media sosial yang memperlihatkan orang mengendarai perahu cepat menyusuri jalan yang kebanjiran.

"Kami memperkirakan sebanyak 800 orang masih berada di pulau tersebut selama badai menerjang dan menerima laporan dari warga yang mengatakan banjir di sana merupakan bencana," kata Cooper. "Kami bersyukur tidak mendapat laporan mengenai korban cedera serius atau kematian sejak topan tiba."

Seorang warga yang memerlukan perhatian medis mendesak dibawa melalui udara ke Ocracoke, dan beberapa helikopter akan terbang membawa makanan dan air, tambah gubernur tersebut.

Baca juga: Ratusan orang terjebak banjir North Carolina akibat Badai Matthew

Outer Banks adalah rangkaian pulau kecil yang indah yang dikenal karena pantainya, mercusuar dan keindahan alamnya.

Daerah Kitty Hawk, di ujung utara Outer Banks, keluar dari badai dengan sedikit kerusakan. Banyak rumah di dekat lautan kehilangan pasokan listrik, tapi beberapa rumah yang dataran yang lebih tinggi tetap memperoleh listrik dan saluran televisi kabel.

Stacy dan Ryan Marshall mengatakan rumah mereka, yang tidak berada di pantai, tidak mengalami kerusakan. Mereka berkendaraan ke pantai pada Jumat siang untuk menyaksikan gelombang akibat topan. "Kami beruntung, cuma kehilangan dua papan di pagar," kata Stacy.

Gubernur South Carolina Henry McMaster menggelar jumpa pers dan para pejabat sambil tersenyum mengatakan topan itu tidak seburuk yang telah dikhawatirkan dan banjir telah terbatas di daerah pantai.

Dorian diperkirakan membawa angin topan tropis ke Nantucket Island dan Martha's Vineyard Massachusetts pada Sabtu pagi waktu setempat.

Baca juga: Badai Dorian tewaskan lima orang di Kepulauan Bahama

Sumber: Reuters
Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019