PAUD Putra Pertiwi tak sangka kedatangan Iriana

PAUD Putra Pertiwi tak sangka kedatangan Iriana

Kegiatan para siswa di PAUD Putra Pertiwi Solo. (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - PAUD Putra Pertiwi yang terletak di RT 02, RW 13, Kampung Rejosari, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta tidak menyangka akan kedatangan Iriana Joko Widodo.

Salah satu pengajar, Darsini, di Solo, Kamis, mengatakan pihak sekolah baru diberi tahu bahwa PAUD dengan 30 siswa tersebut akan mendapatkan kunjungan dari Iriana, Mufidah Jusuf Kalla, dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) sehari sebelumnya.

"Kemarin sekitar jam 12.00 WIB saat kami mau pulang tiba-tiba ada telepon kalau besok bu Iriana mau ke sini. Jadi kami tidak sempat menyiapkan apapun," katanya.

Mengenai PAUD Putra Pertiwi, dikatakannya, berdiri pada tahun 1995. Sebagian siswa di sekolah tersebut berasal dari keluarga kurang mampu.

"Yang dari keluarga tidak mampu ini tidak kami kenakan biaya apapun, tetapi dari yang keluarga mampu setiap bulan memberikan dana sebesar Rp50 ribu untuk operasional sekolah," katanya.

Sekolah tersebut menempati bangunan milik RW yang sebelumnya digunakan sebagai gedung serba guna.

"Ini dulunya gedung serba guna RW, terus disuruh pakai. Saat ini gurunya ada enam," katanya.

Sementara itu, mengingat banyak siswa yang tidak mampu membayar uang bulanan, tidak jarang honor guru digunakan untuk menutup biaya operasional sekolah.

"Dulu honor kami Rp100 ribu per bulan, sekarang naik jadi Rp200 ribu per bulan. Tetapi kemarin honor saya, saya gunakan untuk membayar empat siswa kurang mampu, masing-masing Rp50 ribu," katanya.

Meski demikian, dikatakannya, kondisi tersebut tidak mengurangi semangat para guru untuk mengajar para siswa.

"Harapannya dengan kedatangan Bu Iriana ini bisa menambah semangat para Bunda PAUD di Surakarta untuk terus mengajar siswa karena semangat kami di sini ingin memajukan anak-anak," katanya.

Pada kunjungan itu Iriana memberikan hadiah berupa tempat makan dan minum kepada para siswa yang bersedia menyanyi dan menjawab pertanyaannya.

Baca juga: Iriana Jokowi kunjungi PAUD Putra Pertiwi
Baca juga: Ibu Negara kunjungi PAUD di Karanganyar Jateng
Baca juga: Aisyiyah gelar sejumlah kegiatan peringati 100 tahun PAUD

 

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019