....Selamat mengemban amanah secara jujur, adil, serta penuh integritas, dan semoga Allah senantiasa melindungi kita semua saat melaksanakan tugas."
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengucapkan selamat kepada 120 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat peridoe 2019-2024 yang telah resmi, dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak dan ibu sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024. Selamat mengemban amanah secara jujur, adil, serta penuh integritas, dan semoga Allah senantiasa melindungi kita semua saat melaksanakan tugas," kata Gubernur Emil.

Baca juga: M Taufik-Tetep Abdulatip jabat Pimpinan Sementara DPRD Jabar

Baca juga: 120 Anggota DPRD Jabar 2019-2024 resmi dilantik

Baca juga: Anggota DPRD Jabar kritisi rencana pemindahan ibu kota provinsi


Gubernur Emil juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak TNI dari Kodam III/Siliwangi dan Kepolisian Daerah Jawa Barat yang telah berupaya menjaga kondusivitas keamanan di wilayah Jawa Barat selama proses Pemilu 2019.

Selain itu, Emil pun menyampaikan rasa bangganya atas capaian tingkat partisipasi pemilih Jabar yang mencapai angka 82 persen, atau di atas angka target nasional.

Gubernur Emil berharap anggota DPRD Jabar masa jabatan 2019-2024 bisa memaknai proses Pemilu sebagai upaya sakral dalam rangka penegakan kedaulatan rakyat.

"Karena rakyat telah mempercayakan suaranya kepada bapak dan ibu (anggota DPRD Jabar) sekalian. Tidak hanya untuk diwakili, tapi untuk diperjuangkan aspirasinya," kata Emil.

"Ini adalah tugas yang sangat mulia, karena sejak saat ini, bapak dan ibu mengemban tanggung jawab yang besar, dimana suatu saat nanti kita semua akan dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang diamanahkan kepada kita," lanjut dia.

Senin, sekitar pukul 11.00 WIB, sebanyak 120 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024 akan di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika No 56, Kota Bandung.

Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Bavat Toto Mohamad Toha mengatakan dengan adanya Pengucapan Sumpah/Janji tersebut maka keanggotaan DPRD Jabar periode 2014-2019 dinyatakan berakhir sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024 yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Jawa Barat Nomor 88/PL.01.8 Kpt/32/Prov/VIII/2019 yang dikeluarkan dalam Rapat Pleno KPU Provinsi Jawa Barat tanggal 13 Agustus 2019 jumlah Anggota yang akan dilantik berjumlah 120 orang yang terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 25 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 21 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) 20 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) 16 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) 12 kursi.

Kemudian Partai Demokrat 11 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 7 kursi, Partai Nasional Demokrat 4 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 kursi.

Sementara berdasarkan jenis kelamin, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024 terdiri dari laki-laki 97 orang dan perempuan 23 orang.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019