Pontianak (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian dijadwalkan akan berkunjung ke Kalimantan Barat, Jumat, dalam rangka meninjau Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Kabupaten Mempawah.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, mengatakan dari informasi yang diterimanya Kapolri M Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan melakukan kunjungan kerja ke Kalbar, hari ini.

"Iya betul, beberapa petinggi negara direncanakan hari ini akan berkunjung ke Kalbar, yang pasti Kapolri dan Panglima TNI," ujarnya.

Kabid Humas Polda Kalbar juga memaparkan rangkaian Kapolri ke Kalbar, salah satunya mengunjungi atau memantau lokasi Karhutla di Kabupaten Mempawah.

Berdasarkan koordinasi dengan panitia, rombongan akan landing di Lanud Supadio sekitar pukul 13.20 WIB setelah berkunjung dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Setelah landing rombongan akan menerima paparan terkait Karhutla di Provinsi Kalbar, selanjutnya direncanakan rombongan Kapolri dan Panglima akan melakukan patroli udara yang estimasi waktu sekitar satu jam untuk meninjau Karhutla tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan, persiapan menyambut kedatangan para petinggi tersebut, jajaran Forkopimda Provinisi Kalbar sudah melakukan rapat terbatas.

Data Polda Kalbar, mencatat hingga saat ini sudah mengamankan sebanyak 40 tersangka kasus Karhutla, dengan sebanyak 33 kasus, satu diantaranya kasus korporasi, dan dari sebanyak 34 kasus Karhutla tersebut, yang sudah masuk tahap dua sebanyak dua kasus, dan tahap satu sebanyak satu kasus, sisanya sebanyak 31 kasus masih proses penyelidikan.

Pewarta: Andilala
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019