KBRI Baghdad peringati HUT RI di tengah keterbatasan

KBRI Baghdad peringati HUT RI di tengah keterbatasan

Suasana kegiatan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di KBRI Baghdad, Irak pada Sabtu (17/8/2019). (KBRI Baghdad)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baghdad memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia dengan menyelenggarakan upacara bendera di tengah berbagai keterbatasan dan belum kondusifnya situasi keamanan Irak.

Walaupun dengan keterbatasan, upacara bendera yang diadakan pada Sabtu, 17 Agustus 2019 di KBRI Baghdad berlangsung dengan khidmat ditemani udara pagi musim panas di Irak yang cukup menyengat.

Duta Besar RI untuk Irak, Bambang Antarikso, bertindak selaku pembina upacara peringatan HUT ke-74 RI yang dihadiri seluruh staf KBRI Baghdad, pelajar Indonesia dari Najaf, warga Indonesia yang bekerja di Baghdad dan warga Irak sahabat Indonesia.

Setelah upacara dilakukan syukuran dalam bentuk tradisi "Keruk Tumpeng" dan pembagian hadiah kepada pemenang pertandingan olah raga.

KBRI Baghdad sebelumnya telah melaksanakan pertandingan olah raga yang diikuti seluruh staf kedutaan dan beberapa pelajar Indonesia yg tengah menuntut ilmu di Najaf.

Hal yang menarik dalam upacara HUT RI tahun ini di Baghdad, dua orang dari tiga pengibar bendera adalah warga Irak. Seorang bernama Amir adalah staf KBRI dan satunya lagi, Hasan, adalah putra dari staf KBRI. Bagi Hasan, itu adalah kali pertama dia belajar baris-berbaris dan mengibarkan bendera.

Dalam obrolan santai, kedua warga Irak tersebut mengaku bangga dipilih untuk menjadi tim pengibar bendera dan hal itu menunjukkan kedekatan hubungan antara warga Indonesia dan Irak.

Setelah berakhirnya upacara, Dubes Bambang menyalami pengibar bendera, panitia dan seluruh peserta upacara, sekaligus memberi ucapan selamat dan terima kasih atas lancarnya pelaksanaan upacara.

Baca juga: Ribuan warga Mataram meriahkan HUT RI bersama BUMN

Baca juga: Staf KBRI Ankara sajikan kuliner Nusantara rayakan HUT RI

Baca juga: Pasukan UNIFIL semarakkan peringatan HUT RI di KBRI Ankara

 
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019