Tiga lokasi jadi tempat peringatan HUT RI ke-74 di perbatasan

Tiga lokasi jadi tempat peringatan HUT RI ke-74 di perbatasan

Upacara peringatan HUT RI ke-74 di Tawau Negeri Sabah Malaysia, Sabtu (17/8/2019). (FOTO ANTARA/Rusman)

Nunukan (ANTARA) - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu, dilaksanakan pada tiga lokasi.

Pemerintah Kabupaten Nunukan menetapkan tiga lokasi tersebut yakni di halaman Kantor Bupati Nunukan dengan inspektur upacara (irup) Sekda Nunukan, Serfianus dan di Pulau Sebatik dengan irup, Wakil Bupati Nunukan, Faridil Murad.

Sedangkan lokasi ketiga di Long Bawan, Kecamatan Krayan perbatasan Indonesia dengan Negeri Sarawak,  Malaysia dengan irup Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan, Hasan Basri di Nunukan menjelaskan, upacara HUT Kemerdekaan tahun 2019 ini sengaja dipusatkan pada tiga wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Hal itu, kata dia, sebagai komitmen Pemkab Nunukan dalam menjaga rasa persatuan dan kesatuan, cinta Tanah Air dan memupuk sikap nasionalisme bagi warga Indonesia di wilayah perbatasan.

Hasan menambahkan, sebagai upaya mengenang jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan negara  maka Pemkab Nunukan juga menggelar sejumlah kegiatan yang sifatnya perlombaan dan hiburan rakyat.

Menurut dia, peringatan HUT RI ke-74 dengan mengusung tema "SDM Unggul Indonesia Maju" ini tentunya perlu dimaknai secara baik oleh seluruh warga perbatasan dalam memajukan NKRI melalui pengembangan dan peningkatan SDM menjadi lebih unggul.

Peringatan HUT RI ke-74 tahun ini juga disambut warga perbatasan dengan antusiasme yang tinggi melalui keikutsertaannya menyaksikan pengibaran bendera Merah Putih pada ketiga lokasi tersebut.

Peserta upacara dengan mengenakan pakaian adat masing-masing dengan memadati pinggir lapangan yang diwarnai dengan umbul-umbul warna merah putih.

Baca juga: HUT Kemerdekaan di perbatasan undang pejabat dari Malaysia

Baca juga: Target pembangunan toko Indonesia di Sebatik pada 2020

Baca juga: TNI AL soroti bergesernya patok perbatasan di Pulau Sebatik


 
Pewarta : Rusman
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019