Jakarta (ANTARA) - Perayaan Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia bertajukan "Semarak Kalimalang" di Jakarta Timur akan diwarnai oleh lomba unik yaitu titian pinang.

"Jadi beda bukan panjat pinang, tapi titian pinang. Nanti peserta lomba harus berjalan di atas bambu yang dilumuri oli untuk ambil hadiahnya bukan memanjat jadinya," kata pembina panitia Semarak Kalimalang Subagyo saat ditemui Antara di Jakarta Timur, Sabtu.

Baca juga: Monas jadi daya tarik wisata warga DKI saat HUT Ke-74 RI

Dalam acara Semarak Kalimalang 2019 itu, telah tersedia tiga titian pinang untuk tiga kategori peserta yaitu untuk remaja putra, pria dewasa, dan anggota panitia.

Berdasarkan pantauan Antara titian pinang yang disiapkan disesuaikan tingkat kesulitannya dengan usia peserta.

Baca juga: Anak nelayan pesisir Jakarta Utara antusias ikut lomba HUT ke-74 RI

Contohnya seperti titian pinang untuk remaja putra yang tingginya lebih rendah dibandingkan dengan titian untuk peserta pria dewasa. Hadiah yang digantung pada pinang pun disesuaikan dengan kategori umur.

Subagyo mengatakan Acara Semarak Kalimalang akan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB dan direncakan dibuka oleh Wali Kota Jakarta Timur.

Baca juga: Anies harap HUT Ke-74 RI jadi pendorong peningkatan SDM di Jakarta

Meskipun dilakukan pada siang hari, masyarakat sudah berdatangan untuk melihat persiapan perlombaan di kawasan Kalimalang ini.

Selain lomba titian pinang, disediakan juga lomba Gebuk Bantal yang sudah menjadi tradisi di Kalimalang untuk merayakan perayaan ulang tahun Republik Indonesia.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2019