Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi menggelar lomba panjat pinang sebanyak 37 tiang untuk ditaklukkan oleh warga daerah itu dalam rangka pesta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke-54 Kabupaten Tanjabbar, Kamis.

Kegiatan lomba panjat pinang dengan jumlah puluhan tiang itu digelar di Lapangan Balai Adat Kualatungkal yang disaksikan langsung oleh Bupati Tanjabbar Dr H Safrial MS, Wabup Amir Sakib, Tim penggerak PKK Tanjabbar, Forkopimda , tokoh masyarakat dan lainnya.

"Ini sarana hiburan rakyat yang rutin kami gelar setiap tahun, Kami selalu gelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Tanjabbar," kata Bupati Safrial.

Lebih lanjut Bupati berpesan agar seluruh peserta bermain sportif dan mematuhi segala peraturan yang telah ditentukan.

"Ini perlombaan, silahkan seluruh peserta untuk berkompetisi dengan sehat dan juga bergembira, kita sudah siapkan banyak hadiah," sebut Bupati.

Sementara Kadisarpora Otto Riyadi menyampaikan lomba panjat pinang adalah sebagai wujud dedikasi serta rasa syukur akan kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan.

"Dengan ini diharapkan agar kita tidak melupakan dan selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi terciptanya kemerdekaan indonesia," ujarnya.

Lanjut Otto, Pemkab Tanjabbar menyiapkan sebanyak 37 batang pinang, terbagi menjadi dua kategori yaitu 10 batang pinang untuk anak-anak dan 27 pinang untuk dewasa.

Selain menggelar kegiatan itu, dalam dua pekan terakhir Pemkab Tanjabbar menggelar berbagai kegiatan perlombaan, hiburan, olahraga serta kerohanian. Seluruh kegiatan kemasyarakatan diangkat dalam rangka HUT Kemerdekaan dan Hari Jadi Tanjabbar ke-54 itu. Sebelumnya digelar kegiatan jalan, sehat, sepeda santai, lomba perahu hias dan perahu tempel, lomba pacu becak kayuh, festival beduk serta lainnya.

Termasuk menghadirkan 'Raja Dangdut" Rhoma Irama untuk memberikan tausiyah kepada masyarakat di daerah itu yang digelar pada Rabu malam. Ribuan warga antusias menghadiri tabligh yang juga digelar di salah satu lapangan di Kota Kualatungkal.
 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019