Lomba balap becak kayuh meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Tanjabbar

Lomba balap becak kayuh meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Tanjabbar

Dua pengayuh becak berlomba balap becak untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 dan Hari Jadi Tanjabbar ke-54 yang digelar Pemkab Tanjabbar di Kualatungkal Provinsi Jambi, Rabu (14/8/2019). ANTARA/HO-Pemkab Tanjabbar/aa. (Handout Pemkab Tanjabbar)

Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi menggelar lomba balap becak kayuh dan becak hias yang diikuti oleh perwakilan dari sejumlah daerah di wilayah itu dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Tanjabbar ke-54, Rabu.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Bupati Tanjabbar di Kualatungkal tersebut dibuka langsung oleh Bupati Syafrial MS.

Lomba balap dan ketangkasan mengayuh becak itu merupakan momen yang ditunggu-tunggu warga Kualatungkal dan sekitarnya.

Sebanyak 32 becak utusan dari perwakilan dari sejumlah kelurahan di Kecamatan Tungkal Ilir ikut memeriahkan event unik tahunan ini. Ajang tersebut merupakan satu-satunya yang digelar setiap tahun di Provinsi Jambi.

Bupati Safrial mengatakan lomba kayuh becak ini dilaksanakan utamanya untuk mempererat tali silaturahim antar tukang becak dengan warga dan pejabat di daerah itu.

Kegiatan itu merupakan bagian dari upaya Pemkab Tanjabbar dalam melestarikan kearifan lokal budaya daerah mempertahankan keberadaan transportasi becak yang dimiliki masyarakat Tanjabbar turun temurun sejak dahulu dan ramah lingkungan.

"Lomba becak didasarkan pada pertimbangan historis alat transportasi tradisional tersebut Tanjabbar merupakan salah satu kabupaten yang masih eksis memiliki alat transportasi becak hal perlu dilestarikan," kata Bupati Safrial.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Endang Surya mengatakan para pemenang lomba balap becak mendapat hadiah berupa uang tunai dan beras, minyak goreng dan mie instan. Selain itu seluruh peserta juga diberi kesempatan mendapatkan hadiah undian doorprize.

"Mereka sudah terbiasa dan menunggu momen ini, penyelenggaraan tetap mengedepankan keselamatan baik pengayuh becak maupun penontonnya," kata Endang.

Dari hasil lomba balap kayuh becak, juara pertama diraih oleh utusan Kelurahan Tungkal IV Kota, Juara II utusan Kelurahan Sriwijaya, Juara III utusan Kelurahan Kelurahan Kampung Nelayan.

Sedangkan untuk pemenang lomba becak hias, juara I utusan Kelurahan Kampung Nelayan, Juara II utusan Kelurahan Tungkal II, juara III utusan Kelurahan Tungkal II.

Turut hadir pada kegaiatan tersebut Penjabat Sekda Tanjabbar, Forkompimda, staf ahli, para asisten, perwakilan kepala OPD tokoh masyarakat serta warga Kualatungkal yang antusias menyaksikan lomba unik itu hingga usai.

Baca juga: Padang gelar lomba napak tilas kenang perjuangan Bagindo Azis Chan
Baca juga: 2.000 siswa SMP Biak ikuti lomba gerak jalan HUT Proklamasi
Baca juga: Warga gelar lomba pidato berbahasa Sentani peringati HUT RI
Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019