Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa yang berkantor pusat di Jakarta ini, sengaja menjadikan Pulau Sapudi di Kabupaten Sumenep sebagai target penerima kurban, serta beberapa daerah pedalaman lainnya di Jawa Timur dan Bali.
Pamekasan (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa memberdayakan para peternak lokal di Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban bagi masyarakat kepulauan di Kabupaten Sumenep pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah kali ini.

"Ini kami lakukan, sebagai upaya pemberdayaan pada peternak lokal, serta sebagai upaya untuk membantu perekonomian peternak," kata Humas Dompet Dhuafa Jawa Timur Dian Mulyadi di Pamekasan, Sabtu (10/8) malam.

Pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah ini, lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa yang berkantor pusat di Jakarta ini, sengaja menjadikan Pulau Sapudi di Kabupaten Sumenep sebagai target penerima kurban, serta beberapa daerah pedalaman lainnya di Jawa Timur dan Bali.

Menurut Dian, semua kebutuhan hewan kurban bisa dipasok dari para peternak lokal di Jawa Timur. Salah satunya dari kelompok peternak Kembeng Makmur di Situbondo, Jawa Timur yang memang merupakan binaan lembaga ini.

Bahkan, sambung Dian, kelompok peternak Kembeng Makmur yang hanya beranggotakan 6 orang itu, mampu menyuplai kebutuhan hewan kurban sebanyak 645 ekor kambing.

"Padahal, dulu di tahun 2005, kelompok ini hanya memiliki antara 3 sampai 4 ekor kambing saja, tapi pada tahun 2011 sudah bisa mencapai 100 ekor kambing lebih," katanya.

Baca juga: Dompet Dhuafa bagikan masker gratis sebagai aksi tolak polusi udara

Awalnya, sambung dia, kambing yang diternak oleh kelompok ternak Kembeng Makmur ini banyak yang mati, karena mereka awamnya pengetahuan tentang ternak kambing.

Namun dengan pola kemitraan antara Dompet Dhuafa dengan kelompok usaha ternak kambing itu, melalui sistem pendampingan dan bimbingan yang berkesinambungan, maka produktivitas ternak terus meningkat.

"Alhamdulillah tahun ini bisa menyuplai 640 hewan domba, dan dari jumlah itu, sebagian akan dikirim ke Bali," katanya menjelaskan.

Tidak hanya mengembangkan ternak domba, kelompok peternak kambing itu juga berupaya mengembangkan pupuk dari kotoran domba, yang akhir-akhir ini permintaannya selalu meningkat seiring laju pertanian sehat bebas dari pestisida.

Dompet Dhuafa adalah lembaga kemanusiaan dengan dana operasional bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF) dan dana halal lainnya yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik.

Lembaga ini memiliki perhatian pada upaya mewujudkan tatanan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan, melalui empat hal, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pengembangan sosial.

Baca juga: Dompet Dhuafa siapkan pembungkus daging kurban nonplastik
Baca juga: Dompet Dhuafa tertarik kembangkan hasil pertanian di Majene

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019