Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memperkirakan sekira 34 juta orang dewasa merokok di negara itu dengan lebih dari 16 juta orang diperkirakan berisiko mengidap penyakit yang terkait dengan tembakau.

Rokok membunuh satu dari lima perokok di Negara Paman Sam, mencakup 480.000 lebih kematian setiap tahun.

Namun, CDC menyatakan jumlah perokok di negara tersebut telah menurun selama beberapa tahun terakhir. Pada 2017, jumlah perokok turun menjadi 14,0 persen dari 20,9 persen warga AS pada 2005.

Badan itu berharap lebih banyak orang dapat berhenti merokok pada tahun-tahun mendatang. Hanya saja, seseorang sulit untuk berhenti merokok karena efek adiktif dari nikotin.

Namun, tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Sejumlah cara yang terbukti efektif membantu orang menghentikan kebiasaan buruk merokok dan mempertahankan gaya hidup sehat, seperti dikutip dari laman Medical Daily berikut:

Baca juga: Dokter: motivasi faktor terpenting untuk berhenti merokok

Bermain

Temukan sesuatu yang menyita perhatian Anda, misalnya pelajari cara membuat kue, mendaki, bersepeda, bola basket, atau hobi baru apa pun yang dapat mengalihkan pandangan Anda dari rokok.

Pilih kegiatan di dalam atau luar ruangan yang melibatkan upaya fisik atau mental atau bahkan keduanya. Tetapi, penting bagi Anda untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan seperti bermain video gim dalam jangka waktu lama yang mengarah ke gaya hidup tidak banyak bergerak.

Bangun kekuatan Anda

Ada banyak tantangan saat Anda berusaha melawan kecanduan. Rokok sangat menggoda. Mereka membuat Anda berpikir bahwa Anda membutuhkan mereka untuk bersantai dan menenangkan diri.

Namun, perilaku merokok secara perlahan merusak tubuh. Berhenti merokok butuh kemauan yang kuat.

Latih otak Anda untuk berhenti mencari rokok. Selalu pikirkan efek buruknya dan ingatkan diri Anda bahwa berhenti adalah keputusan terbaik.

Baca juga: 5A untuk berhenti merokok

Meditasi

Ketika Anda mencoba untuk meningkatkan tekad Anda, satu cara untuk meningkatkan fokus pada hal-hal lain dan membantu Anda mengabaikan rokok adalah meditasi. Pendekatan ini mempromosikan perhatian dan melawan stres, menurut Bulletproof.

Meditasi membantu Anda berpikir lebih baik untuk melawan dorongan merokok.

Ubah diet

Perubahan sederhana dalam makanan harian dapat membantu Anda berhenti merokok. Tambahkan sayuran, kacang tanah, dan buah-buahan segar ke dalam diet Anda.

Makan atau ngemil bisa menggantikan perasaan memiliki sesuatu di mulut dan tangan yang biasa Anda rasakan saat merokok.

Coba Beberapa Suplemen

Jika buah-buahan dan sayuran tidak membantu, ada suplemen yang dapat membantu menghindari rokok. Glutathione dan 5-HTP adalah dua suplemen umum yang digunakan untuk mengobati efek penghentian nikotin.

5-HTP mempromosikan keseimbangan serotonin yang mengurangi kecanduan nikotin, sementara glutathione berfungsi sebagai antioksidan, menghilangkan racun dari tubuh.

Baca juga: Dokter jelaskan alasan sulit berhenti merokok

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019