Gubernur Papua hadiri Pasific Exposition 2019 di Auckland

Gubernur Papua hadiri Pasific Exposition 2019 di Auckland

Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Papua di Jakarta Alexander Kapisa (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Auckland (ANTARA) -
Gubernur Papua Lukas Enembe bersama rombongan menghadiri pembukaan The First Pasific Exposition 2019 di Auckland Selandia Baru pada Jumat.

Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Papua di Jakarta Alexander Kapisa kepada Antara di Auckland, Jumat, mengatakan Gubernur Lukas Enembe melalui Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat akan tampil dalam forum bisnis dan investasi dari Pasific Exposition 2019.

"Gubernur Lukas Enembe melalui Kepala Bappeda Provinsi Papua dalam forum tersebut akan membicarakan mengenai peluang-peluang investasi dan ekonomi di Provinsi Papua," katanya.

Menurut Alexander, isu besar yang dibawa oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua kesiapan Bumi Cenderawasih bagi aspek ekonomi dan perdagangan di wilayah Pasifik.

"Ini momentum yang sangat baik untuk membuka kerja sama bilateral baik antara Papua dan Papua Nugini atau dengan negara Pasifik lainnya maupun antarnegara Pasifik," ujarnya.

Dia menjelaskan posisi Provinsi Papua sangatlah strategis bagi wilayah lain di kawasan Pasifik sehingga menghadiri forum bisnis dan investasi ini juga hal yang penting.

Sekadar diketahui, pameran The First Pacific Exposition yang digelar di Auckland pada 11-14 Juli 2019 merupakan pameran yang menampilkan tema perdagangan, pariwisata, investasi, serta budaya, kegiatan tersebut dikelola oleh Pemerintah Indonesia dan didukung oleh Selandia Baru dan Australia sehingga menjadikannya sebagai kegiatan strategis dan komprehensif pertama dalam sejarah Pasifik.

Dari Indonesia, terdapat lima provinsi di wilayah timur yang ikut berpartisipasi yakni Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Ambon dan Maluku.
 
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019