Majalah Time tetapkan wartawan sebagai Tokoh Tahun Ini

Majalah Time  tetapkan wartawan sebagai Tokoh Tahun Ini

Jurnalis melakukan aksi solidaritas bagi wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Jumat (19/10/2018). Aksi tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas hilangnya Jamal Khashoggi yang diduga tewas saat berada di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

New York (ANTARA News) - Majalah Time pada Selasa menetapkan sekelompok wartawan, termasuk wartawan Arab Saudi terbunuh, Jamal Khashoggi, serta dua wartawan Reuters, yang dipenjarakan pemerintah Myanmar, sebagai  Person of The Year (Tokoh Tahun Ini).

Majalah tersebut juga menganugerahkan sebutan itu kepada pendiri laman berita Filipina, yang bersikap kritis terhadap pemerintah Filipina, serta surat kabar di Maryland, yang menjadi sasaran penembakan massal.

Itu pertama kali Time, dalam sejarah 95 tahun keberadaannya, memberikan penghormatan kepada kalangan profesinya.

Tulisan utama Time menyorot peran wartawan, termasuk wartawan Reuters Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, yang dipenjarakan Myanmar karena dianggap melanggar undang-undang kerahasiaan negara, serta Khashoggi, penulis kolom, yang kerap mengkritik pemimpin sesungguhnya Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Khashoggi dibantai dua bulan lalu di dalam gedung Konsulat Saudi di Turki. 

"Saya berharap bahwa penobatan ini diterima masyarakat luas, jauh ke luar Amerika Serikat sebagai pengingat pentingnya mempertahankan kebebasan berpendapat serta upaya mengungkap kebenaran dan fakta," kata Ben Goldberger, asisten redaktur pelaksana majalah Time, saat diwawancarai.

"Kebebasan berpendapat adalah dasar bagi semua masyarakat bebas. Demokrasi tentu saja tidak bisa berjalan tanpa mengetahui fakta," katanya.

Penobatan tahunan Time ditujukan untuk memberikan pengakuan atas seseorang, kelompok atau gagasan yang memberikan dampak besar pada kejadian-kejadian di dunia sepanjang tahun itu.

Pengakuan telah diberikan pada banyak sosok berpengaruh, dari pembela hak-hak sipil Amerika Serikat Martin Luther King Jr dan Ratu Elizabeth hingga pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler, yang diberi anugerah sebelum Perang Dunia Kedua mulai.

Rabu menandai waktu satu tahun sejak wartawan Reuters Wa Lone, 32, dan Kyaw Soe Oo, 28, dipenjara saat menjalankan tugas mereka menyelidiki pembunuhan para warga desa dari kalangan suku minoritas Muslim Rohingnya Mynmar pasukan keamanan dan gerombolan sipil negara itu. 

Baca juga: Wartawan Reuters peliput genosida Rohingya mulai diadili Myanmar

Jamal Khashoggi dibunuh dua bulan lalu di Konsulat Arab Saudi di Istanbul ketika ia masuk ke sana untuk mengambil dokumen pernikahan yang akan dilangsungkannya. Khashoggi menjadi orang pertama yang dinobatkan sebagai Tokoh Tahun Ini majalah Time setelah ia meninggal. 

Baca juga: Turki kemungkinan minta PBB selidiki pembunuhan Khashoggi

Time juga memberikan penghormatan bagi Maria Ressa, pendiri situs berita Filipina, Rappler, yang kerap mengkritik Presiden Filipina Rodrigo Duterte. 

Baca juga: Presiden Duterte tuding Rappler terkait spionase AS

Maria dan laman beritanya pada November didakwa Departemen Kehakiman Filipina menggelapkan pajak.

Gelar "Tokoh Tahun Ini" juga diberikan kepada staf surat kabar Capital Gazette di Annapolis, Maryland, tempat seorang pria melepaskan tembakan dan menewaskan lima orang pada Juni.

Baca juga: Korban penembakan di Maryland jadi lima orang, tersangka ditangkap

Editor: Boyke Soekapdjo
Pewarta : Antara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2018