Presiden: Pemerintah berupaya percepat penyelesaian kasus HAM

Presiden: Pemerintah berupaya percepat penyelesaian kasus HAM

Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah berupaya mempercepat penyelesaian kasus-kasus hak asasi manusia masa lalu serta meningkatkan perlindungan agar kejadian yang sama tidak terulang.

"Kita harus memberikan perhatian yang kuat pada upaya penghormatan, perlindungan, pemenuhan dan penegakan hak asasi manusia," kata Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis.

Presiden mengatakan upaya penghormatan, perlindungan, pemenuhan dan penegakan hak asasi manusia menjadi semangat pemerintah dalam memperbaiki Rencana Aksi Nasional HAk Asasi Manusia.

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2015-2019

"Dalam melakukan berbagai lompatan kemajuan, kita membutuhkan keberanian. Kita harus memiliki ketegasan untuk mengambil keputusan yang terbaik bagi kepentingan rakyat Indonesia," jelasnya.

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Pidato Kenegaraan dalam rangka hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sidang Bersama DPR dan DPD.
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018