Kampus-kampus paling inovatif di Eropa tahun ini

Kampus-kampus paling inovatif di Eropa tahun ini

Kampus KU Leuven di Belgia (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda atau anggota keluarga Anda menginginkan berkuliah di Eropa, ada baiknya mengetahui kampus-kampus mana saja yang memiliki kualitas paling meyakinkan dan kantor berita Reuters hari ini menyajikan daftar universitas berkualitas di Eropa berdasarkan inovasi-inovasi yang dihasilkannya.

Untuk tahun ketiga berturut-turut KU Leuven memuncaki daftar universitas paling inovatif di Eropa versi kantor berita Reuters ini. Daftar ini sendiri mengidentifikasi dan memperingkatkan lembaga pendidikan yang paling sering dan paling canggih dalam sains, penemuan teknologi baru dan pasar baru serta industri.

Kampus dengan bahasa pengantar bahasa Belanda yang berada di kawasan Flanders, Belgia, KU Leuven didirikan pada 1425 oleh Paus Martin V dan terus menghasilkan volume tinggi penemuan-penemuan berpengaruh.

Hak paten yang didaftarkan para ilmuwan KU Leuven kerap dikutip para peneliti lain baik di dunia akademis maupun industri.  Dan itu adalah salah satu kriteria peringkat Reuters yang dikumpulkan berdasarkan kemitraan dengan Clarivate Analytics.

Menurut Reuters, secara umum penghuni dafar Universitas Paling Inovatif Eropa itu relatif stabil dibandingkan dengan tahun lalu, Tahun ini 23 universitas Jerman yang masuk daftar ini total naik 23 peringkat. Sebaliknya 21 kampus Inggris total turun 35 tingkat.

Peringkat ini didasarkan kepada data kepemilikan dan analisis pengajuan paten serta pengutipan riset. Berikut sepuluh besar dari universitas-universitas paling inovatif di Eropa:

 1. KU Leuven, Belgia
 2. Imperial College London, Inggris
 3. Universitas Cambridge, Inggris
 4. Federal Polytechnic School of Lausanne, Swiss
 5. Universitas Erlangen Nuremberg, Jerman.
 6. Universitas Teknik Munich, Jerman
 7. Universitas Manchester, Inggris
 8. Universitas Munich, Jerman
 9. Universitas Teknologi Denmark
10. ETH Zurich, Swiss
Pewarta : ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018