Sebanyak 80 penyandang disabilitas mendapat pelatihan kuliner dan kerajinan dari UPTD Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental, Sensorik Netra, Rungu Wicara dan Tubuh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

"Pelatihan tersebut diberikan sebagai modal untuk bekerja. Mereka juga mendapatkan bimbingan sosial, mental, fisik, dan keterampilan khusus yang bermanfaat dalam pekerjaan," kata Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja di Kota Cimahi, Jumat.

Ia mengapresiasi pelatihan yang digelar berkat kolaborasi dengan PT PLN Persero melalui program dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Dia mengatakan Jabar menjadi salah satu provinsi yang paling banyak mempekerjakan penyandang disabilitas sebanyak 12 persen dari jumlah nasional penyandang disabilitas.

Pemda Provinsi Jabar bersama 27 kabupaten/kota dan kolaborasi dengan berbagai pihak berkomitmen dan konsisten memberikan akses seluas mungkin bagi disabilitas untuk mengembangkan potensinya.

Ia berpesan kepada instruktur kegiatan itu agar jeli melihat potensi sesuai minat dan bakat peserta pelatihan.

“Jangan dipaksakan semua anak-anak mempunyai minat yang sama. Saya yakin bahwa suatu saat teman-teman disabilitas di Jawa Barat banyak yang berprestasi,” kata Setiawan.
Ia juga menekankan instruktur dan pembimbing menanamkan semangat kreativitas kepada peserta, terutama di sektor kerakyatan seperti UMKM.

Ia menjelaskan pentingnya pemda membantu untuk mempromosikan dan memasarkan produk kalangan penyandang disabilitas.

“Ekonomi kerakyatan bisa bertahan kuncinya kreativitas. Agar instruktur dan pembimbing bisa mengajarkan kreativitas lebih tinggi lagi (kepada peserta, red.). Insyaallah bahwa penyandang disabilitas akan tetap bertahan,” katanya.

Setiawan juga menghaturkan terima kasih PT PLN Persero melalui program CSR PLN Peduli yang terus bermitra dengan Pemprov Jabar.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar mengatakan 80 penyandang disabilitas ini menjalani pendampingan dan pemberdayaan keterampilan, antara lain bidang kuliner dan kerajinan.

"Bapak yakin anak-anakku sekalian bisa sukses di sini. Bapak ucapkan tetap semangat dan jangan menyerah, kalian bisa mencapai cita-cita," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022