Sabtu, 23 September 2017

Pemkot Bandung Berencana Tambah Tiga Perpustakaan

id Pemkot Bandung, tambah, tiga, perpustakaan
Pemkot Bandung Berencana Tambah Tiga Perpustakaan
Antarajabar.com - Kepala BI Jabar Rosmaya Hadi dan Wali Kota Bandung pada peresmian BI Corner di Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, Rabu. (Hanifa)
Antarajabar.com - Pemerintah Kota Bandung berencana menambah dua hingga tiga lagi perpustakaan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat yang saat ini kurang dalam membaca.

"Jadi basis literasi ini kami tingkatkan, agar orang Bandung rajin baca buku. Kita permudah aksesnya," ujar Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil di Bandung, Senin.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan saat ini, pihaknya tengah mencari daerah yang memiliki tempat yang memenuhi syarat untuk dibangun perpustakaan.

"Tempatnya menyesuaikan di mana ada lokasinya kita sesuaikan. Karena kan itu sesuai dengan CSR dari Dompet Dhuafa jadi tidak susah, cuman mencari lokasi yang punya kendala-kendala," kata dia.

Selain itu, tempat-tempat umum seperti trotoar di pusat kota, taman-taman akan disediakan pula perpustakaan kecil sehingga masyarakat yang berwisata tak hanya menikmati keindahan taman tapi juga menambah ilmu dari buku-buku yang disediakan.

"Di pelosok-pelosok juga kita gunakan format donasi buku setiap tanggal 17 program dari PT Pos Indonesia. Sesuai arahan dari Pak Presiden Jokowi, mudah-mudahan dengan seperti ini dapat mencerdaskan masyarakat Bandung," kata dia.

Nantinya, kata Emil, akan ada ruang kotak seperti telepon umum di trotoar yang berisi buku. Warga bisa meminjam buku, bisa pula menambahkan koleksi bukunya dengan berdonasi.

"Kalau punya buku yang mau didonasikan, ya simpan saja di sana. Kalau mau baca juga tinggal ambil, lalu simpan lagi. Bisa juga dibawa pulang," katanya.

Editor: Ajat Sudrajat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga