Kamis, 27 Juli 2017

DPRD Jabar Dukung Antar Anak Hari Pertama Sekolah

id DPRD Jabar, antar, anak, sekolah
DPRD Jabar Dukung Antar Anak Hari Pertama Sekolah
Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari. (istimewa)
Antarajabar com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mendukung imbauan agar para orang tua (ortu) untuk mengantar anak-anak pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2017/2017.

"Kami menyambut baik adanya anjuran dari sejumlah kabupaten/kota yang mengimbau kepada ortu untuk ikut mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah," kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Senin.

Menurut Ineu jika anjuran tersebut dilaksanakan maka hubungan dan interaksi antara orang tua dan guru dapat terbangun seperti untuk mengantisipasi tindak kekerasan yang mungkin terjadi di sekolah.

"Dengan mengantar anak di hari pertama sekolah maka itu bisa terjalin komunikasi antara orang tua dengan guru di sekolah serta orang tua menjadi tahu lingkungan sekolah anaknya seperti apa," kata dia.

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini mengatakan hari pertama sekolah harus dibuat berkesan bagi peserta didik baru karena hal tersebut akan membuat siswa bersemangat untuk belajar di sekolahnya.

"Jadi sekolah harus memberikan kesan yang berarti bagi mereka agar menjadi semangat belajar dan menuntut ilmu. Kesan baik akan berpengaruh pada mereka sehingga akan membuat semangat sekolah dan belajar dengan baik," kata dia.

"Hal ini akan membuat kegiatan belajar dan mengajar menjadi baik dan terus meningkat karena hubungan yang baik terjalin antara sekolah dan siswa atau siswi," kata dia.

Sementara itu, terkait pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa baru (masa orientasi siswa baru) siswa Tahun Ajaran 2017 juga harus tanpa ada perpeloncoan dari siswa senior kepada junior.

"Pengenalan sekolah lebih diutamakan untuk penyesuaian anak-anak pada sekolah atau tempat yang baru selain juga untuk pengenalan dan pendekatan antara guru dan siswa sehingga tercipta kegiatan belajar dan mengajar yang baik dan hasilnya bisa optimal bagi mereka," kata dia.

Editor: Ajat Sudrajat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga